Masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan? Baca Ini Dulu!

Sampai sekarang, ada saja orang-orang sekitarku (entah itu keluarga, teman SMA, teman kuliah, atau beberapa kenalan di social media) masih sering bertanya: jurusan Ilmu Perpustakaan itu bagaimana sih? Belajar apa saja? Kalau sudah lulus kerja nya jadi apa? Dan jujur saja, sampai sekarang masih ada teman-temanku di tingkat akhir yang merasa ‘tersesat’ berada di jurusan ini. Bingung dengan ilmu yang didapat selama ini hendak diaplikasikan di dunia kerja seperti apa. Padahal, ulasan tentang jurusan ini sudah banyak bertebaran di internet, dan di sini aku sekedar melengkapi 3 pertanyaan besar orang-orang awam terhadap jurusan ini:

Apa itu jurusan Ilmu Perpustakaan?

Belajar apa saja di Ilmu Perpustakaan?

Bagaimana prospek kerja lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan?

So, aku coba jawab satu-persatu ya.

Apa itu jurusan Ilmu Perpustakaan?

Jurusan Ilmu Perpustakaan (JIP) ya sama seperti jurusan perkuliahan lainnya. Ada dosen, kurikulum, program studi, dan fakultasnya. Hehehe. Tergolong langka? Memang iya. Nggak semua universitas memiliki jurusan ini. Di Jakarta setahuku hanya UI, UIN Syarif Hidayatullah, dan Universitas Yarsi. Lebih lengkapnya silahkan klik disini untuk melihat universitas mana saja yang membuka jurusan ini. Meski langka, jurusan ini sebenarnya bukanlah jurusan yang baru. Usianya saja sudah mencapai 60 tahun lebih! Sayangnya, profesor jurusan ini baru ada satu orang yaitu Prof. Sulistyo Basuki yang merupakan salah satu dosenku di JIP UI. Silahkan klik nama beliau untuk melihat-lihat blog beliau. Untuk UI sendiri, jurusan ini sudah masuk range nilai nasional SNMPTN menengah ke atas, artinya sudah banyak banget peminatnya sampai-sampai UI membuka kelas paralel di samping kelas reguler untuk jurusan ini. Waktu aku masuk JIP UI, angkatanku ada sekitar 80 orang. Namun sekarang seleksi semakin diperketat dan dibatasi hanya 60-an orang saja.

Pesanku: kamu harus punya motivasi yang kuat untuk masuk jurusan ini.

Kenapa? Ya, karena kamu akan selalu dihadapkan pada pertanyaan: kenapa sih masuk jurusan Ilmu Perpustakaan? Mungkin lain cerita kalau kamu masuk jurusan lain yang lebih terkenal, semua orang sudah mafhum. Tapi di benak orang kebanyakan: kamu masuk jurusan ini untuk ngatur buku. Dan, nggak jarang banyak teman sejurusanku yang kurang pede dibilang mahasiswa JIP.

Lho ini foto siapa nih? Ini foto angkatanku waktu masih maba. Hehehe. Ini belum semuanya lho.
Lho ini foto siapa nih? Ini foto angkatanku waktu masih maba. Hehehe. Ini belum semuanya lho.

Aku sendiri adalah tipe orang yang tahu betul apa yang aku mau. Waktu SMA, aku adalah sekretaris umum OSIS dan otomatis jatuh cinta sama dunia administrasi, hobi baca buku, dan suka banget dengan hal-hal berbau IT meskipun aku nggak paham banget mengoding. Ilmu Perpustakaan adalah mix  yang tepat dari semua minatku di atas. Sejak kelas 1 SMA pun aku sudah yakin akan memilih jurusan Ilmu Perpustakaan. Makanya kemudian aku mantap memilih jurusan IPS kemudian alhamdulillah aku diterima Ilmu Perpustakaan UI (ini pilihan pertamaku lho) melalui jalur SNMPTN Undangan (mirip PMDK). Jadi bagi kalian yang mau milih jurusan ini…think twice! Jangan pernah mikir yang penting masuk UI atau nggak apa-apa nyebur dulu. 4 tahun perkuliahan itu nggak sebentar. Don’t waste your time! Make sure kalian akan bisa bertahan dan serius belajar di jurusan ini (karena jujur saja, ada juga beberapa temanku yang memutuskan cabut dari jurusan ini dengan alasan bukan passion).  Oke?!

 

Belajar apa saja di Ilmu Perpustakaan?

Konsentrasi utama di JIP ada dua, yaitu: perpustakaan dan arsip. Di JIP UI tidak ada peminatan kedua hal tersebut, namun setahuku di JIP universitas lain ada yang membagi peminatan perpustakaan dan arsip. Secara garis besar, yang dipelajari dalam dua konsentrasi tersebut adalah:

1. Kita belajar mengelola perpustakaan. Pengelolaan ini mencakup pemilihan koleks, pengelompokan koleksi, penyusunan koleksi buku di rak, pemberian nomor panggil koleksi, membangun database koleksi perpustakaan, membuat katalog online perpustakaan, perawatan koleksi, bagaimana cara memberikan layanan pinjam (sirkulasi), memberikan layanan pencarian informasi khusus (layanan rujukan), mengenali ISBN, membuat indeks, hingga pengelolaan SDM perpustakaan, pemasaran atau promosi perpustakaan, gagasan kreatif apa yang digunakan untuk perpustakaan dan yang paling jadi fokus JIP di masa sekarang: teknologi perpustakaan. Makanya nggak heran ada beberapa mata kuliah (ini di JIP UI ya, saya kurang tahu kalau JIP kampus lain) yang berhubungan dengan IT banget seperti Pengenalan Teknologi Pengelolaan Informasi (belajar ngoding dasar), Aplikasi Teknologi Pengelolaan Informasi (belajar bikin website perpus dengan CMS), dan Pangkalan Data Lembaga Informasi (belajar bikin database koleksi dan arsip, lengkap dengan tingkatan akses dan hubungan data seperti one to many, many to many, dsb).

Keren ya? Ini area bermain anak di Perpustakaan Perbadanan Awam Selangor, Malaysia.
Keren ya? Ini area bermain anak di Perpustakaan Perbadanan Awam Selangor, Malaysia.

2. Kita belajar mengelola arsip. Arsip kan’ punya nama macam-macam ya. Ada yang bilang dokumen, rekod, file, dsb. Tapi di JIP biasa pakai istilah arsip. Pengelolaan arsip mencakup alur hidup arsip seperti penciptaan, pemakaian, pemusnahan arsip yang sudah tidak terpakai, perawatan arsip bersejarah (dari mulai pengaturan suhu, pemeliharaan yang diberikan sampai memperbaiki arsip yang terkena bencana alam). Semua itu ada tata caranya. Kita juga belajar menilai suatu arsip apakah arsip ini termasuk arsip penting, arsip rahasia, arsip dinamis, arsip aktif, arsip vital, dsb. Selain itu kita juga belajar bagaimana mengindeks arsip, membuat database arsip, menginput arsip, membuat sistem keamanan arsip, cara menyusun arsip manual (kertas) dan arsip elektronik (digital) serta menentukan tingkat akses terhadap arsip tersebut. Misalnya arsip rahasia cuma bisa diakses manajemen atas perusahaan. Lebih jauh lagi, kita juga belajar kode etik dan hukum dalam pengelolaan arsip seperti: boleh nggak sih memanipulasi arsip perusahaan? Gimana kalau ada KPK datang menggeledah arsip perusahaan kita..apa sih yang harus kita lakukan? Hehehe (eh serious ini beneran 😀 ) Arsip perusahaan juga nggak jauh-jauh dari korespondensi bisnis alias surat menyurat. Nah di JIP kita juga belajar gimana bikin tata persuratan yang baik, nomor surat, dan menganalisis surat. Mirip-mirip administrasi perkantoran juga tapi lebih canggih. Kenapa? Karena lagi-lagi melibatkan IT. Seperti di mata kuliah Rekod dan Arsip Elektronik, kita belajar gimana mengelola arsip menggunakan software-software tertentu dan kita juga diajari membuat sistem database arsip sendiri.

Kayak gini nih tempat penyimpanan arsip.
Kayak gini nih tempat penyimpanan arsip.

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan?

Nggak cuma ngelola perpustakaan, pustakawan juga harus bisa interaksi sama pengunjung anak-anak lho. Ini vcontoh perpustakaan yang memberikan layanan mendongeng anak.
Nggak cuma ngelola perpustakaan, pustakawan juga harus bisa interaksi sama pengunjung anak-anak lho. Ini contoh perpustakaan yang memberikan layanan mendongeng anak.

Bukannya bermaksud bangga-banggain nih ya. Tapi ini beneran, prospek kerja lulusan JIP itu luaaaass banget. Pertama, tentunya sebagai pustakawan atau librarian. Dan pustakawan itu jenisnya macam-macam lho. Kalau kita kerja di Perpustakaan Umum, Perpustakaan Sekolah, dsb tentunya murni mengelola koleksi buku. Tapi kalau kita kerja sebagai pustakawan di stasiun TV yang kita kelola adalah koleksi kaset tayangan. Apalagi di stasiun TV yang fokus utamanya menyajikan berita seperti Metro TV, TV One, CNN Indonesia, dsb…posisi librarian dibutuhkan banget. Setahuku tugasnya adalah mengelola dan menyediakan rekaman tayangan berita yang dibutuhkan dengan ritme kerja yang tinggi banget. Namanya juga berita kan’ harus freshly pressed. Kebetulan banyak seniorku lulusan JIP UI yang kerja sebagai pustakawan macam ini. Kalau di kantor berita, redaksi koran atau majalah, di perpustakaan milik perusahaan atau Kedubes biasanya sih kita jadi pustakawan yang mengelola bahan riset mereka. Kalau kamu berniat jadi PNS dengan latar belakang Ilmu Perpustakaan, silahkan baca lebih jauh disini. Kalau sebagai pustakawan di firma hukum atau LSM lebih spesifik lagi: mengelola dokumen kasus-kasus hukum dan publikasi hukum.

filingcabinet01-resized-600

Nah kalau menyangkut arsip? Wah….lebih luas lagi. Biasanya sih kita akan bekerja sebagai document controller, administrasi, arsiparis bahkan sekretaris. Kalau di instansi pemerintah posisinya lazim disebut arsiparis. Mengelola arsip-arsip instansi tersebut tentunya. Kalau kita kerja di ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia), kita bakal mengelola arsip-arsip negara. Pernah juga tuh aku ketemu sama alumni JIP UI yang jadi Kepala Perpustakaan dan Arsip POLRI  (sebelumnya beliau tetap harus ikatan dinas POLRI dulu) dan kerjanya adalah mengelola dokumen rahasia POLRI :O Sedangkan di perusahaan, biasanya posisinya disebut document controller atau administration staff. Pekerjaannya tentu menguus dokumen perusahaan sesuai dengan bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut. Salah seorang dosenku yang mantan document control Pertamina misalnya, cerita pekerjaannya itu mengelola arsip yang dihasilkan setiap kali pengeboran seperti cetak biru pengeboran minyak sampai barang sampel pengeboran.  Aku sendiri diterima kerja di PT Angkasa Pura Support, anak perusahaan PT Angkasa Pura I, sebagai posisi Administration Officer yang akan bertanggung jawab mengelola dokumen pengadaan barang dan tenaga di 13 bandara seluruh Indonesia, mengatur tata persuratan perusahaan dan mengurus korespondensi dinas pegawai. Lain kali akan aku ceritakan lebih banyak, ya. Di sisi lain, karena lulusan JIP juga punya ilmu administrasi perkantoran dan korespondensi bisnis, nggak jarang malah kerja sebagai sekretaris perusahaan.

administrative-staff-surgery

 

Naaaah, itu beberapa informasi yang bisa kuberikan terkait jurusan Ilmu Perpustakaan. Barangkali bisa jadi bahan pertimbangan kalian yang tertarik dengan jurusan ini. Aku sih nggak bilang jurusan ini adalah jurusan terbaik. Semua jurusan itu baik. Bagiku cuma orang-orang yang berpikiran cetek yang masih meng-underestimate sebuah jurusan. Semua orang punya skill, minat, kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda. Jurusan favorit itu adalah jurusan yang diminati orang kebanyakan. Bukan berarti jurusan itu jadi lebih keren, lebih wow, dan lebih mengakomodir keahlian kita sebenarnya. Lho, tapi kan untuk masuk jurusan favorit itu susah? Memang benar. Ini berlaku hukum ekonomi: semakin tinggi permintaan, maka penawaran akan semakin mahal/susah. Tapi hal tersebut janganlah jadi motivasi utama kamu dalam memilih jurusan. Kita masuk kuliah itu untuk belajar, mengembangkan keterampilan kita sesuai minat. Bukan untuk keren-kerenan. Setuju? 🙂

Nah, kayaknya udah kepanjangan nih. Capek juga ngetiknya. Hehehe. Bagi yang mau tanya-tanya lebih jauh tentang jurusan ini feel free untuk meninggalkan komentar. Insya Allah aku balas. OK! 🙂

 

 

Update 8 Januari 2018

Begitu banyak komen yang masuk di post ini yang sebelumnya maaf, tidak bisa saya jawab lagi satu persatu. Oleh karena itu saya sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan dalam post tersendiri di link di bawah ini. Hope it will help 🙂

https://annisarah.wordpress.com/2016/03/13/faq-tentang-ilmu-perpustakaan/

 

 

 

153 thoughts on “Masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan? Baca Ini Dulu!

  1. Wah seneng ngeliat ada anak JIP ngeblog, dulu saya jaga ngeblog di ilmuperpus.wordpress.com, cuma sayang sekarang blognya sudah di suspend… (emailnya lupa pulak)

    Ngomong-ngomong soal pekerjaan, memang jurusan kita ini mudah mendapatkan pekerjaan, banyak instansi dan sekolah-sekolah yang membutuhkan pustakawan. Tapi, kalau bicara soal gaji, ini yang bikin galau sebenarnya, banyak orang yang menganggap tenaga kerja pustakawan kurang begitu penting sehingga mereka menawarkan gaji yang kurang memuaskan dibandingkan dengan bidang lainnya. Padahal menjadi pustakawan bukan hal mudah mengingat beban yang dipelajari tergolong lumayan lah. Selain masalah gaji, jenjang karir pustakawan umumnya gitu-gitu aja, kalau nggak jadi pustakawan, ya jadi kepala perpustakaan, kalau nggak jadi arsiparis, ya jadi kepala arsip. Itupun buat naik pangkat menjadi kepala biasanya susah, nunggu kepala perpustakaan/arsipnya pensiun, pindah kerja atau mungkin meninggal dunia baru kita bisa naik pangkat. Alhasil beberapa lulusan ilmu perpus nggak jarang yang cari karir yang lebih memiliki jenjang dan masa depan. Kecuali kalau perpustakaannya gede banget kaya perpustakaan UI, kampus atau Perpusnas kali yah. Tapi buat yang mau jadi PNS, jadi pustakawan it’s a big deal. Karena banyak daerah diluar Jakarta yang butuh, contohnya waktu itu Sukabumi pusing karena nggak ada CPNS yang ngelamar jadi PNS backgroundnya Pustakawan, padahal kalau ada yang daftar katanya langsung diterima dan dijadiin pustakawan disana.

    Yang kedua, kurikulum yang kita pelajari sebenarnya masih sangat-sangat ketinggalan kalau dibandingkan dengan ilmu perpustakaan negara lain. Pernah ngobrol sama pak Prof tentang kurikulum JIP UI dibanding Nanyang University Singapore (mereka menyebutnya information studies) ya memang kita masih jauh dari kata modern. Lulus dari JIP UI sepertinya masih harus banyak belajar lagi soal perpus digital, website, arsip digital dll. Bahkan ada konsultan arsip digital justru bukan berasal dari latar belakang ilmu perpustakaan. Pernah coba main ke ranah arsip digital, dan… hmm ternyata banyak yang harus dipelajari lagi ternyata karena di perkuliahan dulu ternyata banyak yang belum dipelajari. Untung basic pengetahuan dasarnya cukup kuat ditekankan di perkualiahan dulu, jadi nggak malu-maluin amat. Hahaha

    Bicara soal cari duit, mungkin bisa dibilang ranah ilmu perpustakaan adalah ranah yang sangat basah, namun bukan sebagai pegawai, tapi sebagai bisnis. Coba bayangin deh, itu berapa banyak instansi negeri dan swasta yang butuh jasa arsip dan setup perpustakaan digital. Bermain di ranah ilmu perpustakaan ini masih red ocean, dalam artian belum ada kompetisi yang cukup ketat dan standar harga. Untuk arsip mungkin agak sulit, karena banyak perusahaan records management yang jauh lebih canggih seperti santa fe, indoarsip, dkk. Tapi bukan mustahil kalau bisa tembus dan berjaya mengingat bekal ilmu perpustakaan yang kita pelajari. Hehehe

    Salam super

    1. Wah makasih Kak untuk tambahan masukannya. Iya nih, blog ilmu perpustakaannya menghilang, padahal banyak banget referensi tentang ilmu perpus dari sana 😦

      Sekedar ingin menanggapi komen Kak Hanif di atas…
      Pertama, mengenai range pendapatan lulusan jurusan ini. Memang kalau untuk range gaji pustakawan masih tergolong kurang memuaskan, apalagi masih banyak instansi yang mengambil tenaga pustakawan dengan status outsourcing. Kecuali kalau di firma hukum bonafide, range gaji pustakawan biasanya sedikit lebih di atas rata-rata. Dan setuju banget tuh, kalau pustakawan statusnya PNS biasanya gajinya sudah jauh lebih sejahtera. Hehehe. Nah, kalau di perusahaan swasta dengan posisi administrasi, document controller, atau KM, gajinya lumayan lah ya, setara dengan karyawan bagian lain plus ada jenjang karirnya 🙂

      Kedua, setuju, selain masih mendasar banget, menurutku masih ada matkul-matkul usang yang sebaiknya ‘disingkirkan’. Hehehe Misal, matkul Metadata harusnya nggak perlu muncul dua kali padahal pas pengatalogan di lapangan kerja pun kita udah jarang banget buka AACR karena semua udah otomatis 😦 Mending SKS nya ditambah lebih banyak lagi untuk matkul bermuatan IT. Hehehe

      Oh ya, ide bisnis set up perpus. Mungkin nggak cuma set up perpus, karena masih banyak perusahaan yang dokumennya ‘berantakan’ dan butuh dirapikan. Kalau HMJ bisa membangun bisnis ini untuk proyekan anak-anak JIP bakalan bagus banget nih. Dengan harga sedikit lebih miring dibandingkan perusahaan records management, bisa dilirik konsumen lebih banyak. Hehehe 😀

      1. salam kenal saya adalah mahasiswa magister Master Library Sciencie ilmu perpustakaan Universiti Teknologi Mara (UiTM) tepatnya di malaysia.

  2. Saya SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Saya pun sejatinya bisa dibilang agak ahli (agak ya). Saya pun siswa terbaik di sekolah untuk jurusan ini. Tapi entah mengapa tergerak hati saya untuk terjun di Ilmu Perpustakaan ini 😀 terutama saya tertarik sesuatu yang baru dalam komputer. Lalu saya juga ingin meningkatkan minat baca bagi adik-adik dan kawan-kawan disini. Semoga diberikan kemudahan dalam memilih IP ini. Aamiin. Man Jadda Wajada

  3. kak anisa boleh tanya? dulu waktu snmptn pilihan pertamanya kan IP, terus pilihan keduanya apa? soalnya pingin nih kak, ke JIP UI 🙂

    1. Kalau kerjasama dengan perusahaan tertentu nggak ada. Dan kayaknya semua jurusan di UI nggak ada kerjasama secara khusus dengan perusahaan manapun. Hehehe. Tapi memang di banyak perusahaan, lulusan JIP UI favorable dibandingkan JIP univ lainnya. Aku ngerasain hyang sama pas jaman-jamannya ngelamar kerja. Engga kok, aku nggak jago sama sekali komputer waktu masuk kuliah. Rada nggak suka malah. Eh tapi begitu masuk JIP justru jadi suka komputer. hhehe. Sukseees 🙂

  4. kak aku mau masuk jip ui tapi aku dari ipa.
    menurut kaka aku bisa keterima gak ya kalo lewat snmptn? terus di jip ui ada anak ipa nya gak gak? makasiiiii semoga aku keterima di jip ui ya

  5. assalamualaikum ka annisarah,aku mau nanya?kalo masuk JIP UI lewat snmptn,dan rata rata nilai raport alma dari 5 semester itu 85,1,kira kira lolos gak ya? terus mau curhat dikit boleh?hehe kan gini ka,awalnya aku masuk ips,pengen jadi akuntan,tapi pas udah kelas 12,pada banyak yang pilih jurusan akuntansi,temen temen nyaranin pilih JIP UI aja katanya,terus alma juga banyak baca artikel di blog tentang JIP,dan itu menarik,apalagi baca di blog kaka,jadi makin fix aja pilih JIP UI,hehe kemaren kemaren alma udah finalisasi dan pilihan pertamanya itu JIP UI,hehe kata kaka alma bisa bertahan di JIP UI gak ya?takutnya sama kaya temen temen kaka pada keluar gara gara ga sesuai passion,hehe makasih ya ka,maaf jadi curhat hehe

    1. waalaikumsalam Alma 🙂
      Kalau untuk lolos atau engganya itu ada penilaiannya sendiri. Sedikit info, setahu aku penilaian untuk snmptn undangan (jalur tanpa tes dari nilai rapor) itu tidak melihat tingginya nillai kita, tapi grafik nilai kita apakah sepanjang sekolah menaik, stabil atau justru turun. tentunya diutamakan yang menaik, Selain itu juga dipertimbangkan prestasi dan organisasi yang kita ikuti selama di sekolah apakah sesuai dengan jurusan yang kita incar. Karena biasanya prestasi dan organisasi juga menggambarkan potensi kita akan sesuai di bidang apa nantinya. UI juga melihat dari pemerataan kesempatan untuk siswa dari daerah. Misalnya, di JIP UI angkatanku ada yang berasal dari Padang, Sukoharjo, NTB, dll, bahkan di angkatan bawahku ada yang berasal dari Timika. Nah itu adalah beberapa kriteria penilaian untuk SNMPTN undangan setahuku. Sekarang namanya bukan snmptn undangan lagi ya?hehehe.
      Kalau passion, itu dari diri Alma sendiri. Yang penting jangan terpengaruh dari omongan orang lain.Tapi bukan berarti saran dari orang lain ga patut untuk dpertimbangkan. Kalau misalnya Alma dari awal ingin jadi akuntan, selama ini punya nilai bagus dalam akuntansi…why not? Hehehe. Tapi kalau akhirnya Alma mulai melirik passion lain yang menurut Alma lebih sesuai misalnya perpustakaan, its okay. Its definitely your choice 🙂 Dan juga jangan terpatok nama besar UI. Jangan berpikir pokoknya harus masuk UI, dan mentang-mentang pengennya UI, kita jadi mengubah pilihan jurusan kita yang lebih gampang masuknya hanya karena ingin di UI. Di kampus lain kita juga bisa meraih mimpi kita selama kita niat belajar dan emang tahu apa yang kita mau. Sukses ya 😀

  6. ka wktu itu nilai rata2 rapot kaka yg semester 5 brapa ka ? dri semester 1-5 ada yg nilai rata2’a 7 komaan gak ka ?

    1. Hi Ar Rayyan…jujur nih lupa nilai raportnya. Hehehe. Tapi alhamdulillah selalu naik grafiknya. 7 komaan aku rasa masih bisa ko asal terus meningkat dari semester ke semester

  7. Malem kak, aku mau nanya, nilai raport aku dari semester 1-5 menurun, apa masih ada kesempatan buat masuk smptn JIP ini? Saya sangat tertarik dan kebetulan orangtua saya mendukung. Terimakasih infonya kak.

    1. Hai Rahel, we don’t know we have opportunity until we try it. Hehehe. Jadi coba aja dulu, kalau nggak lolos di SNMPTN Undangan kan masih ada jalur lagi lewat SNMPTN tulis atau SIMAK. Selamat berjuang 🙂

  8. kak mau nanya.aku kan di madrasah aliyah jurusan ipa. aku baru tamat tahun 2015 ini, dan mau nyoba kuliah tahun depan ngambil sbmptn jip di ui. kira” aku di terima gak ya?

    1. Halo Lathifah, kalau diterima atau engganya ya aku nggak tahu…kan aku bukan panitia SNMPTN nya hehe.Coba aja sambil berusaha dan berdoa. Semangat! 🙂

  9. Assalamualaikum ka.. Ka aku SMK jurusan perawat dan akan UN di tahun ajaran ini. Kalau mau masuk Jip, aku bisa bersaing gak ya ka? atau ketinggalan jauh. karna smk materinya hanya dasar. trus ka aku gak bisa main komputer selain microsoft word, exel (itu juga cuma tau bikin tabel trus isi), sama browsing. Nah, nnti di jip di ajarin dari dasar gak ka IT nya?

    1. Hi Rirl, maaf baru membalas. Sebaiknya kalau untuk SMK kamu ikut bimbel aja dulu, karena ujian masuknya mengikuti standar pelajaran SMA. Kemudian kamu bisa ngambil SNMPTN jalur campuran. Mengenai IT, diajari kok dasarnya dari awal. Good luck!

  10. assalamualaikum kak,aku mau tanya.aku kan anak SMK jurusan TKJ,sebelumnya aku minat sama ilper,soalnya emang passion aku disitu.nah bisa ga sih ka,kalo aku ngambil ilper lewat jalur SNMPTN?

    1. Setau aku di UI sendiri ga nerima anak SMK di SNMPTN, jadi berjuang di SBMPTN dan SIMAk yaa.. Kalo Ilmu Perpustakaan Unpad sih anak SMK bisa di SNMPTN kaya’nya. lebih lanjut nanti kamu cek website snmptn 2016 aja

      1. Hai rg, terimakasih informasi tambahannya. Tapi waktu angkatanku ada temenku yang asalnya dari STM malah. Hehehe. Tapi gatau ya perkembangan SNMPTN skrg. Keep an eye on latest information ya Dian 🙂

  11. Maaf numpang masang lowongan kerja, kami dari sekolah swasta katolik di Kawasan jakarta selatan membutuhkan lulusan perpustakaan UI. Hub: 085694924971

    1. Halo, bisa beri keterangan lengkapnya? Seperti kualifikasi yang dibutuhkan, kriteria, detil sekolahnya, alamat, cara apply, dsb. Akan saya teruskan ke grup alumni JIP

  12. Salam Kenal kak.
    Saya maba Ilmu Perpustakaan Unpad (Kalo di Unpad sendiri nyebutnya DIIP / Departemen Ilmu Informasi & Perpustakaan).
    Nah mau tanya ini, emang di UI, JIP nya punya konsentrasi ya? biasanya itu di semester berapa? makasih …

  13. Ka ane pengen masuk JIP,cuman masih galau nih gara gara takut gaji dari lulusan JIP ga memuaskan,kira kira kisaran gajinya berapa ya? Kaka tau ga?

    1. Hi Adrian,

      Hehehe, yang namanya gaji gak ada hubungannya sama jurusan kuliah. Pengalaman aku, performance, beban kerja dan pengalaman kerja lah yg menentukan gaji, bukan jurusan. Itu pada umumnya ya. Memang ada beberapa jurusan tertentu yang gajinya besar untuk ukuran fresh graduate seperti lulusan Teknik misalnya. Tapi ya itu disesuaikan juga dengan beban kerjanya yang berat bgt dan ga semua orang bisa tahan (seperti kerja berbulan-bulan eksplorasi di lapangan,dsb). Semangat! 🙂

  14. hai kak, saya maba Ilpus dari UNDIP. referensi buat jadi dosen juga masih berpeluang banyak di berbagai universitas. itu benar ga sih kak?

    1. Hi Fatma, setahuku ntuk jadi dosen Ilmu Perpustakaan memang peluangnya lebih besar karena jumlah dosennya saat ini nggak banyak dan sedang didorong terus untuk peningkatan dosen. Misalnya di jurusanku, di JIP UI, pernah ada program masuk S2 tanpa tes bagi yang IPnya tinggi dan diarahkan utk jadi dosen. Kalau di universitas lain mungkin bisa beda beda ya kebijakannya. Good luck! 🙂

    1. Hi Muhammad,
      wah kalau itu sih aku udah engga tahu ya…soalnya udah lulus juga dari februari 2015 hehehe. Kamu kepoin terus aja website snmptn atau simak ui ya. Success! 😀

  15. Assalamualaikum.. Kak kalo masuk JIP harus jago itung-itungan gak yaa? Soalnya jujur aja aku ga rada jago gitu di mtk hehehe syukron😊

    1. Waalaikumsalam Mutia,
      Engga kok…ketemu angka angka juga cuma beberapa kali aja. Itu juga bukan buat ngitung, tapi buat dibikin indeks. Yang penting ditingkatin aja teliti nya. Semangat! 🙂

  16. Sebelumnya salam kenal saya ryan alfani dan sangat terbantu sekali dengan adanya postingan ini.
    saya bisa mampir kesini karena saya ada keinginan untuk melanjutkan studi saya di S1 JIP UI karena saya sebelumnya alumni D3 Kearsipan UGM.
    ada yang ingin saya tanyakan, saya ingin mencoba masuk melalui jalur S1 paralel SMA/Sederajat tanpa batasan umur ijazah dan sepertinya cuman bisa melalui jalur itu, karena setau saya JIP UI udah gak buka jalur S1 ekstensi dari D3 apakah benar? kemudian apakah mbak annisa bisa ngasih tau nih tata cara pendaftaran simak UI melalui jalur S1 paralel sma/sederajat gimana? soalnya saya baru buat akun dan upload foto… hehehe…
    terimakasih 😀

    1. Hi Ryan, jalur ekstensi Ilmu Perpustakaan ada kok di UI. Kebetulan saya dulu pernah sekelas dengan beberapa teman yang tadinya D3 Kearsipan kemudian ekstensi S1 Ilmu Perpustakaan UI. Jalurnya melalui SIMAK kalau nggak salah. Lama belajar sekitar 2 sampai 2,5 tahun. Adakah email Mas Ryan? Saya bisa kasih kontak teman saya yang ekstensi tsb. Soalnya saya memang ngga tahu banyak tentang jalur penerimaannya.

      1. angkatan berapa ya temannya? soalnya kemarin sempat nge’email juga sih ke UInya katanya tahun ini gak buka ekstensi untuk ilmu perpusnya

  17. Kak,aku pengen ngambil jurusan jip tahun ini. Kira2 di univ mana ya yg punya peluang besar untuk diterima tapi akreditasi nya bagus.
    Mohon saran nya kak 😇

    1. Kalo menurut akreditasi. Ilpus dengan akeditasi A itu ada di UI, Unpad, USU, UIN Yogya, Universitas Yarsi, dan UB. jadi ada 5 PTN dan 1 PTS. Untuk penyelenggara pendidikan Ilpus tertua setau saya sih UI, kemudian Unpad..
      UGM sendiri ga ada S1 Ilmu Perpustakaan, adanya program magister dengan nama Manajemen Informasi dan Perpustakaan.
      Kalo peluang masuk sih, coba dicek di website SBMPTN tentang peminat dan kuotanya.

  18. aslkm. Halo kak, mau tanya kan jurusanku itu MIPA sedangkan yg ilmu perpustakaan itu IIS , nah kalau lintas jurusan itu bisa engga? Makasih atas jawabannya 😄

  19. Aslkm. Kak mau tanya… jurusan sma ku kan MIPA.. kalo di UI bisa lintas minat engga kak? Makasih. 🙂

  20. assalamualaikum kak anissa ^^
    aku salbiah saat ini aku kls 11 (ips) insyaallah bentar lgi naik kls 12 #amin
    mau cerita dikit nih kak dulu aku mikir kalo kuliah mau ngambil jurusan akuntansi tapi setelah kesini-sini baru belajar akuntansi sedikit udh mulai pusing sama hitung2an aku emg gk terlalu jago dalam hal hal itu 😀 trus di jurusan itu juga bnyak peminatnya takut susah kalo msk jurusan itu di universitas negri padahal sih sbenernya kalo kita berusaha dan ada kemauan disitu pasti ada jalan yang terbuka lebar, lalu aku mulai cari cari jurusan yg kurang peminatnya tapi prospek kerjanya bagus dann nemulah JIP ini .. kemarin kemarin aku sempet study campus jg ke unpad ke fakultas fikom dan padahal di situ dosen/pembimbing sempet ngejelasin gimana tentang JIP,prospek kerjanya, tapi aku gk terlalu mendengarkan karna saat itu aku belum minat dengan JIP tapi setelah kesini sini karna aku mikir ‘koq akuntansi susah jg ya padahal cuma tinggal pake (+)sama (-) tapi kenapa bikin pusing’ aku mulai minat sama JIP … jujur kak aku orangnya udh takutan(?) dari awal, mksudnya udh mikir ah nnti kalo ngambil jurusan akuntansi kira2 bisa gk ya ?ngejalaninnya enjoy gk ya ?takut bnyak ngitung2 gitu..pokonya gitu deh kak makanya aku lebih baik baca daripada hitung2an .oh iya aku jg gk mahir dalam b.inggris gk menguasai sama sekali kira2 .Dan aku pikir JIP ini mngkin gk terlalu bnyak ttg hitung2an tapi lebih ke kita buat sering2 baca dan bisa dpt informasi yang banyak dan agak berpikir secara kritis dan harus mendasar juga secara pasti berhubungan tentang perpustakaan,perpustakaan kn sunber informasi bagi semua orang dan informasi itu harus benar benar ada dan juga harus berdasarkan fakta .bner gk kak yg aku pikirin ttg JIP ini ?kurang lebih seperti itu gambaran belajarnya di JIP menurut aku hehehe sok tau ya aku 😀 lurusin ya kak tentang ini jelasin deh kak pokonya ..dan satu lagi kak aku tinggal di daerah yang tidak terlalu bnyak perusahaan2an besar seperti di jakarta bahkan perpustakaan disini sangat jarang atau mungkin gk ada,aku takut ketika mencari pekerjaan dengan lulusan JIP tidak dibutuhkan di daerah aku,itu yg aku khawatirkan tapi untuk saat ini insyaallah aku sudh mantap ingin mengambil JIP ketika kuliah nnti … pendapat kakak tentang cerita aku ini gimana kak?kira kira aku bisa enjoy gk ya di JIP ini? dan apakah aku harus ngambil JIP atau jurusan lain ?dan ttg aku yg tidak menguasai b.inggris menurut kak anissa gimana ketika aku ngambil JIP ?tapi saat ini aku bner2 minat di JIP..mohon berikan pendapatnya kak supaya aku lebih mantap lagi ketika kuliah nnti ingin mengambil JIP..sebelumnya terimasih telah membaca komenan aku yg terlalu bertele2 ini… 🙂 salam kenal juga ya kak ;’)

  21. Assalamu’alaikum kak Annisa, aku Masfufah, sekarang lagi nunggu pengumuman kelulusan. Aku jurusan IPA kak, dan tertarik banget sama jurusan ini. Tapi aku nggak tau apa-apa soal jurusan ini. Oh ya, boleh minta alamat facebook/twitternya kak? Buat menyambung tali silaturrahim, . . 🙂 makasih kakak. . 🙂

  22. Aku tertarik dengan jurusan ini kak, dan sekarang ini aku menunggu pengumuman snmptn dan jurusan ilmu perpustakaan merupakan salah satu jurusan yang aku pilih. Niat awal aku milih jurusan ini sebenarnya sih biar tahu caranya tata buku dan aku akan aplikasikan di perpustakaan rumah. Untuk informasinya terima kasih banyak kak, jangan pernah bosen share info tentang ilmu perpustakaan ini ya. Terima kasih

  23. Ka aku mau tanya aku tertarik bgt sm jip ui ,aku mau bgt masuk ui ,so bagi tipsnya supaya mudah ikut tes jip ui dong ,alasan pen masuk jip sih karena aku gasuka baca buku kaya novel dll.aku jg gatau kenapa tp pas liat dan baca blog ini aku jd tertarik masuk jip ui selain itu aku jg tertarik dgn prosfek kerjanya ,tapi aku takut kak kalo ga keterima di ui ,trs klo di tanya kenapa masuk jip ui ?gimana kak ?apa aku harus jujur ? Klo aku gasuka baca buku makanya aku pengen masuk jip ui biaraku suka buku hehe ,plisss sarannya dong kak

    Thx 🙂

    1. Hehehe, nggak mesti suka baca kok..yang penting suka dengan hal-hal detail dan teliti. Kalau ditanya alasan masuk JIP apa, ya jawab aja sejujurnya. Alasan masuk suatu jurusan nggak selalu menentukan kamu bakalan sukses atau engga di jurusan itu 🙂

  24. hai kaa! Aku tadi baru banget di rekomen-in sama temen biar masuk JIP krn aku lg bingung bgt buat masuk jurusan apa (fyi aku kelas 10ipa) dan aku pengen nanya2 kakak, tapi bisa lewat line ga? Atauga lewat email? Krn takutnya aku jrg buka komen ini ka. Id line kakak bisa kasih tau lewat email aku: hanifanuur@gmail.com

  25. assalamualaikum ka sarah.
    aku annisa.
    mau tanya kak. kalau untuk masuk jurusan ilmu perpustakaan dilihatnya nilai dari pelajaran apa sih ka?
    buat pertimbangan aku ini ka. biar bisa masuk. aamiin.
    dijawab ya ka sar. trmksih.

  26. Halo kak Annisarah, aku Dila mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan juga, tapi di Unpad hehehe 🙂 Salam kenal kak!

  27. assalamualaikummbak, salam kenal. Aku d3 ilmu perpustakaan uns solo nih. Aku baru aja lulus, bingung mau kerja dimana dengan predikat lulusan diploma. Prospek kerja yg mbak sebutkan di atas tidak sesuai yg saya harapkan. hehe

    mohon tanggapannya mbak 😀

  28. assalamualaikum mbak, salam kenal. Aku d3 ilmu perpustakaan uns solo nih. Aku juga barusan lulus nih. Tapi aku bingung mbak, mau kerja dimana dengan ijasah hanya d3. Prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan yg mbak sebutkan di atas, tidak sesuai dengan realita. Susah nih, haha

    Mohon tanggapannya mbak, makasih 😀

  29. Assalamualakium mbak, salam kenal. Aku juga berasal dari jurusan yang sama mbak. Aku ilmu perpustakaan uns solo, tapi cuman d3 mbak. Aku barusan lulus nih. Tapi bingung mau kerja di mana. Mau nyari kerjaan susah. Apalagi hanya lulusan d3. Prospek lulusan ilmu perpustakaan yang mbak sebutkan di atas pada realitanya tidak ketemukan nih.

    Mohon tanggapannya mbak, makasih 😀

    1. Waaalaikumsalam, salam kenal jg alamin. Wah masa sih? Kalau temen-temenku sih rata rata berhasil di ranah ini meskipun keluar jalur juga oke oke aja tuh kariernya. Rezeki orang memang sudah ditentukan. Terus berusaha dan semangat ya 🙂

  30. Ulasan yang keren dengan cara bercerita yang baik! Saya sedang buka lowongan pekerjaan dan ada yg melamar dari jurusan ini. Ulasan kamu membantu sekali. Terima kasih.

    1. Ya semoga mbak. Mudah mudahan mendapatkan yang terbaik. Ada kontak mbak yg bisa di hubungi nggak mbak? Line, Bbm? 😀

  31. makasih kak, saya dari ip uns jadi semakin pede dan termotivasi buat mendalami materi di setiap mata kuliahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s