Hari Bahagia

Bukan berarti hari-hari lainnya tidak bahagia, namun hari itu….hari yang benar-benar bahagia. Aku bersyukur Allah telah melimpahkan begitu banyak kebahagiaan padaku sampai detik ini. Namun kebahagiaan yang menandingi kebahagiaan di hari ketika aku dinyatakan diterima masuk almamaterku tercinta UI adalah hari wisuda yang menandai kepergianku dari kampus kuning ini. Sabtu, 7 Februari 2015 adalah hari yang akan selalu kukenang seumur hidupku. 🙂

Ya Allah, jikalau kelak aku hidup sampai tua dan ingatanku memutih, jangan hapuskan ingatanku akan hari wisudaku pertama kali ini…

 


Sejak jam 8 pagi, aku dan Mama sudah bersiap-siap make up untuk wisuda ini. Tentu saja make up untukku yang paling cetar membahana. Karena sehari-hari aku kalau make-up seadanya, eh jadi pangling sendiri setelah dimake up full untuk wisuda ini. Cieee wisudawati cieee.

SAM_2736

Jam setengah 11, semua persiapan selesai, aku, Mama, Nenek dan Tante Ita (adik ipar Mama) berangkat ke kampus dengan mobil nyewa sama tetangga. Huaaa di mana-mana kena macet. Hatiku sudah kebat kebit nggak karuan. Aku takut banget telat seperti waktu gladi resik dan nggak dapet tempat duduk di dalam. Badmood pun melanda. Hingga akhirnya sampai di kampus jam 12 lewat, aku baru bisa bernapas lega. Sebelum masuk ke Balairung UI, aku sempatkan berfoto-foto dengan keluarga di depan Gedung Rektorat

SAM_2738

Tepat jam 13.00, seluruh wisudawan dibariskan. Aku langsung cepet-cepet tuh ngetag baris di depan. Jujur aja pengen eksis biar disorot sama kamera. Selama wisuda divideoin gitu dan langsung live streaming di Youtube. Videonya juga ditampilin di satu layar besar di tempat duduk orang tua. Nah kalau aku eksis disorot kamera biar keluargaku lihat aku gitu maksudnya. Hehehe. Ini videonya. Bisa juga di search di Youtube video lebih lengkapnya dengan keyword pencarian ‘Wisuda UI 2015’.

Perhatiin deh, di durasi 1:48:47…EPIC BANGET! Aku nangis sesenggukan. Hahaha. Padahal udah berusaha senyum sepanjang wisuda biar kalau disorot kamera keliatan cling gitu…eh malah nggak disorot-sorot. Ehhh nggak taunya pas lagi nangis-nangisnya karena terharu dengar lagu ‘Andai Aku Besar Nanti’-nya Sherina, malah disorot jelas bangeeet. Huaaaa. Maluuu >,<

Oh Tuhan…Kau kupinta…bahagiakan mereka sepertiku”

Ini lirik yang sukses membuatku nangis berderai-derai. Dalam…dalam banget. Di hari bahagiaku, aku bersyukur masih punya Mama dengan cinta dan pengorbanannya yang luar biasa. Aku sadar aku tak kuasa untuk membalas segala kasih Mama, dan nggak akan pernah sanggup. Aku teringat pada almarhum Ayah yang tak pernah bisa menyaksikan wisudaku ini. Aku membayangkan Ayah tersenyum dari tempatnya berada…aku ingat bagaimana beliau mendorongku untuk masuk UI. Aku terkenang dengan seumur hidup yang kulalui bersama orang tua. Masa-masa susah di waktuku kecil, masa-masa sekolah, bagaimana mereka menghadapi kenakalan dan kedurhakaanku… tidak ada anak di dunia ini yang sanggup membalas kasih dan pengorbanan orang tua, maka ya Allah, aku pinta bahagiakan mereka seperti engkau melimpahkan kebahagiaan padaku. Bahagiakan Ayah di tempatnya sekarang, bahagiakan Mama seumur hidupnya di dunia dan akhirat. Orang tua terbaik untukku sepanjang masa. (Aduh jadi mewek nih ngetik ini hehehe)

Sesudah kelar seremoni wisuda yang khidmat, begitu keluar aku sudah ditunggu oleh teman-teman. Pertama adalah Ween, Ami dan Mega. Ketiga sahabatku paling dekat selama kuliah di JIP. Aku bersyukur Allah memberikan 3 orang sahabat yang luar biasa pengertian dan sayang padaku. Ketemu mereka…eh jadi nangis lagi. Inget hari-hari kuliah yang dilalui selama 3,5 tahun ini. Saat kita seneng-seneng bareng, menghadapi beratnya kuliah, sampai ngambek-ngambekan. Aku sayang banget Fathonah (nama geng kita. hehehe).

Dari kiri ke kanan: Ween, aku, Ami, Mega

Dari kiri ke kanan: Ween, aku, Ami, Mega

Kemudian yang datang adalah murid-muridku dari Rumbel yang spesial dateng dengan bunga dan kado. Huaaa seneng…mereka bilang aku menginspirasi mereka untuk belajar. Namun justru sebaliknya, merekalah inspirasiku dalam belajar. Mereka yang terus berjuang belajar Kejar Paket B dan C dalam berbagai keterbatasan, selalu menjadi pengingat bagiku untuk kuliah lebih sungguh-sungguh. Aku yang telah diberi kemudahan dan karunia untuk mengecap pendidikan tinggi harus berjuang sekuat mereka. Semangat mereka menulariku dan selalu menjadi energi kasih dalam mengajar.

SAM_2744

Lalu datang lagi teman-teman Divisi Akademik Rumbel BEM UI. Ssst, kita punya secret group di WhatsApp, namanya ‘Dari Hati ke Hati’. Isinya curhataaaan semua. Dari mulai asmara sampai kerjaan. Dari mulai yang gokil sampai lebay-lebayan kayak drama korea. Keenam orang ini nggak pernah putus menyemangatiku, terutama di saat-saat terberat ketika aku down menjelang sidang. Hahaha. Walau udah jarang banget ketemu, hampir tiap hari kita selalu komunikasi di grup. Aku nggak nyangka bisa seerat ini pertemanan kita di organisasi berlanjut. Hery yang peleh, Poppy yang anak bawang dan lucu, Nissa yang ngocol, Kak Rizki yang love doctor, Suli yang seru, Amy yang kalem….aku sayang kalian 😀

Dari kiri ke kanan: Suli, Amy, Poppy, Nissa, aku, Kak Rizki, Hery

Dari kiri ke kanan: Suli, Amy, Poppy, Nissa, aku, Kak Rizki, Hery

Selain itu ada pula temen-temen dari JIP yang datang mengunjungi. Yang cowok, yang cewek, kompak banget dateng dan memberiku selamat. Makasih yaaa. Ayo nyusul lulus di tahun 2015 ini 🙂

IMG-20150208-WA0019

Daaan yang terakhir adalah teman-teman SMA-ku yang datang jauh-jauh dari Bekasi. Huaaa seneng banget mereka sampai segitunyaaa. Yang cewek-cewek ada Jani, Esil, Hanifah, Diana. Yang cowok-cowok ada Priyo (pacarnya Jani), Pandu (pacarnya Diana), Eja (sohib banget waktu SMA), dan ehem, Aldi. Abis puas foto-foto kita bersembilan pun makan di KFC Margonda, ngumpul-ngumpul ngobrol seru dan mereka rame-rame nganterin aku pulang ke rumah. Sebelumnya keluargaku sudah pulang duluan. Seneeeeng, seneng banget. Sampai di rumah jam 10 malem dan mereka pulang dari rumahku sekitar jam 11 malem. Makasih yaaa, aku seneng banget kalian dateng.

 

CIMG3847

Dari kiri ke kanan: Priyo, Jani. Aldi, Eja, Hery, Anin dan Esil

 

1423377913717

Waktu makan-makan setelah wisuda.

 

Naaaah ini hadiah-hadiah yang aku dapetin dari temen-temen. Gile, bunga banyak banget udah kayak orang jualan bunga. Aku jadi kepikiran mau jual lagi tuh bunga-bunga buat wisudawan lain. Hahaha. Hampir semuanya temen-temen yang dateng ngasih bunga. Ada juga yang kasih kado baju kerja (dari Ween, Ami, Mega) dan gaun cantik dari murid-murid Rumbel, dari Akademik Rumbel aku dapet boneka wisudawati lucu yang ada namaku, dari Mega aku dapet mug cantik, dari Aldi aku dapet CD kompilasi lagu instrumen jazz (sukaaaa! 😀 ).

C360_2015-02-08-13-29-55-316

Asli lho bunga bunganya nggak layu-layu sampai sekarang 🙂

C360_2015-02-08-13-32-05-850

Makasih yaaaa

Bahagia karena wisuda, bahagia keluarga masih bisa dateng, bahagia banyak temen-temen yang dateng…berkesaaaaan banget. Aku masih senyum-senyum sendiri pas ngetik ini. Dalam hidup kita yang singkat, mungkin nggak banyak kenangan yang dapat kita ingat. Hanya momen-momen paling spesial, paling berkesan lah yang akan terus tertinggal dalam hati kita. Aku ingin kelak hari itu dapat kukenang selamanya, bersama kenangan-kenangan indah lain yang pernah sebelumnya tercipta dan yang kelak akan tercipta. Aku bahagia, sangat bahagia 🙂

2 thoughts on “Hari Bahagia

  1. assalamualaikum mbak 😄😄 aduhh seneng bgt deh bacanya. alhamdulillah udah lulus S1 JIP UI yaa 😂😊 salam kenal aku fatma kak, mahasiswi sem 2 Ilmu Perpustakaan UM. seneng deh bisa baca blog mbak yg sama2 jurusan ilmu perpustakaan. secara kalo masih maba terkadang suka butuh motivasi untuk lebih memantapkan pilihanku di jurusan ini😁. boleh kan sharing-sharing sama mbak disini? terima kasih 😄😃
    sukses selalu kak

Leave a Reply

