New Workplace!

yourstory_TopJobsOfTheDay

Sudah kurang lebih sebulan (kemarin gajian hahaha) aku kerja di perusahaan baru yang sekarang yaitu Zomato, perusahaan startup asal India yang bergerak di online media sebagai portal pencarian restoran dan tempat-tempat kuliner di kota-kota besar di dunia (sekarang ada 22 negara). Bagi kamu yang suka wisata kuliner di Jakarta dan sekitarnya pasti udah nggak asing lagi deh dengan situs ini. Media lain yang sejenis Zomato antara lain Open Rice, Qraved, Foodpanda, dll, tapi  teteeeuup yang paling lengkap Zomato dong (promosi 😀 ). Di Indonesia sendiri Zomato baru tersedia untuk pencarian restoran di Jabodetabek dan Bali.

Well honestly, waktu aku pertama kali apply di perusahaan ini aku sama sekali nggak tahu tentang Zomato. Pas apply, barulah aku browsing tentang Zomato dan woooow keren. Perusahaan ini growing nya cepet banget Dan tahu nggak? Founder nya itu, Deepinder Goyal, baru 32 tahun lhooo. Aih, emang lagi musim ya yang muda yang berkarya. Banyak banget CEO-CEO muda di bawah 40 tahun yang udah nyiptain something wow dan berguna untuk orang banyak. Jadi pingiiiiin gitu cepet-cepet wujudin mimpi aku…suatu saat nanti aku bisa merdeka dari orang digaji ke menciptakan lapangan usaha sendiri. Yeah…untuk saat ini, selagi aku masih lajang, aku ingin mengumpulkan ilmu sebanyak-banyaknya di company untuk aku aplikasikan kelak di usahaku.

Balik lagi ke Zomato. Pertama-tama masuk, udah disuruh kenalan dengan cara yang ‘beda’ banget. Kayak kenalan sama temen-temen kuliah aja, ada dikerjain suruh milih nyanyi atau joget segala. Hahaha.  By the way, di sini nggak cuma aku yang baru join. Ada 4 orang lainnya yang juga baru gabung (kalau di Zomato sih anak baru disebutnya joinees). Posisiku di sini sebagai sales support bersama ssalah satu joinees lainnya bernama Adel. Sesuai namanya, kerjaanku memang untuk men-support kerjaan sales. FYI, sales di Zomato bekerja menjual banner yang ada di website pada restoran-restoran. Jatohnya jadi online advertising juga. Tugas-tugas yang aku kerjakan antara lain: membuat invoice, upload kontrak, upload pembayaran, bikin report, mengaktifkan banner, dsb.

Why I am so excited of my new job? Pertama, aku suka IT. Bukan berarti aku bisa ngoding begituan ya, aku paham tentang IT, cara kerjanya, meski aku nggak bisa bikin programnya. Terutama mengenai website development. Kedua, di sini aku bisa ngembangin skill analisaku. Bikin report untuk klien itu mengandalkan kemampuan analisis banget lho. Bikin chart, tracking user activities, dll…(ya kalo dijabarin semua mah rahasia perusahaan dong. Hehehe

Seminggu pertama itu training, training dan training. Selama training aku diajari oleh Sahil, atasan India di sini. Full english, karena doi nggak bisa ngomong Bahasa. So far menantang banget sih trainingnya. Kita dijelasin tentang business core-nya Zomato, branding, ERPnya, work culture nya…oya ERP itu Enterprise Resource Planning. Kurang lebih maksudnya keseluruhan sistem yang digunakan perusahaan untuk menunjang bisnis perusahaan tsb. Kebetulan Zomato udah punya ERP sendiri namanya ZERP. Dan karena pekerjaanku akan banyak mengutak atik ZERP, jadi selama training yaaa habis mengupas penggunaan ZERP ini. Ribet, rada susah, tapi fun! Aku langsung suka! 😀

Minggu kedua….langsung deh dilepas ke kerja sebenarnya. Terjuuuun 😀

Baru kerja 2 minggu, udah langsung dikejar-kejar deadline mengaktifkan banner. Bolak balik aku email sana sini di tim India nya disono untuk ngatur pengaktifkan banner. Baru 2 minggu kerja, aku sudah mengaktifkan 20 banner iklan lho Hihihi. Ngerasain dikejar-kejar temen-temen setim, tim di India, dan berpacu sama kemauan klien. Fiuuuh, challenging! Aku langsung mulai jatuh cinta sama pekerjaan baruku ini. Oh ya, kultur kerja di sini juga santaaaai banget. Bebas leha-leha, istirahat kapan aja, bahkan main mainan yang disediakan (ada monopoli, uno, dll). Santai, asalkan kerjaan beres. Jam kerjanya dari jam 9 pagi sampai jam 7 malem. Lumayan panjang memang, tapi nggak bikin boring karena ya itu…suasananya santai. Nggak ada panggil Pak atau Bu,bahkan Mbak Mas juga engga. Semuanya kayak temen kuliah seumuran aja dan memang masih apada muda-muda banget sih semuanya. Kayaknya yang mencapai 40 tahun cuma country manager kita dan doi tetap pembawaannya anak muda banget.

Sepanjang pengalamanku kerja di startup selama sebulan ini…aku bisa menyimpulkan beberapa hal tentang startup company:

Pertama, kerja di startup itu dituntut untuk ber-teamwork dengan baik. Semua orang mikirin kemajuan perusahaan, gimana perusahaan bisa maju dan berkembang, gimana bisa perusahaan bisa terus meningkatkan benefit. Jadi nggak ada orang yang mikirin kepentingan dirinya sendiri atau target dirinya sendiri. Target pribadi tentu ada, tapi yang utama adalah gimana bisa sama-sama maju.

Kedua, etos kerja yang dinamis. Harus belajar cepat, cepat menyesuaikan diri, cepat tanggap sama berbagai request dan terbuka dengan perubahan. Anytime. Nggak ada yang namanya birokrasi kolot yang susah diubah. Yang paling penting, setiap orang harus mampu mengeluarkan ide-ide dari kepalanya untuk membuat kerja lebih cepat dan mudah.

Ketiga, ya jelaslah yaaa melek IT. Di Zomato (dan pastinya sih di perusahaan-perusahaan tech startup lainnya), kerasa banget mengoptimalkan seluruh fitur Google untuk berbagi file, komunikasi, schedule, dll. Jadi melek banget nih sama Google. Harus cepet ngerti dengan sistem. Dan itu perlu latihan nggak cuma sekali dua kali, tapi berkali kali. Hmm sampai sekrang pun aku kadang masih suka salah-salah sih ngerjain kerjaan. Hehehe.

Nah sebenarnya topik ‘gimana sih rasanya kerja di stratup?‘ itu udah banyak dibahas. Search aja deh di Google, kamu pasti bakal ketemu berbagai artikel yang ngebahas lengkap tentang work environment di perusahaan startup sampai plus minus kerja di startup. 

Oke, kayaknya segini dulu ceritanya. Nggak menarik-menarik amat sih sebenarnya cerita-cerita tentang kerjaan. Tapi so far selama aku suka ngeblog tentang pekerjaanku, adaaaa aja temen-temen yang nanyain ke aku berbagai hal tentang dunia kerja. Padahal aku kerja juga belum expert-expert banget. Masih seumur jagung. Tapi yang namanya sharing ilmu nggak ada salahnya lah yaa. Hehehe. Ciao!

 

 

 

Advertisements

8 thoughts on “New Workplace!

  1. Halo kak salam kenal, aku tertarik banget kerja di startup seperti zomato, apakah ada desk untuk menulis content? Karena kebetulan backgroundku dari sastra. Thanks before:)

  2. Halo, Annisa! Salam kenal 🙂
    Saya sedang kepikiran untuk apply ke Zomato sebagai Content Associate, lalu menemukan postingan ini, dan sepertinya menarik ya untuk kerja di sana. Satu hal yang membuat saya penasaran adalah tawaran salary dari pihak Zomatonya sendiri..
    Kalau boleh tau, salary yang ditawarkan untuk entry level seperti content associate itu di kisaran berapa sih?
    Terima kasih ya, Annisa.
    Semoga sukses terus kedepannya!

  3. hai sarah sarah. saya juga mau tanya nih. kemarin saya sudah melakukan interview dengan pihak hrd dan besok mau interview dgn orang yg di head officnya katanya. pertanyaannya, pertama saya melamar untuk posisi content associate itu apakah job desk nya kira2 sama seperti kamu? kedua, kira2 berapa kisaran gaji yang mereka kasih untuk fresh grad ya? thank you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s