Nikmat Waktu

Allah, kuyakin selalu menjawab doa hamba-Nya dengan cara yang tak terduga. Sesederhana apapun doa itu.

Aku selalu takjub dengan cara kerja doa. Ada yang dijawab dengan segera, ada yang dijawab suatu hari nanti. Ada yang sesuai dengan prediksi, ada pula yang tak disangka-sangka.

Di bulan ini, aku berusaha fokus untuk konsentrasi menuntaskan hapalanku….yang masih saja berkisar juz 30 😦 Susah, karena harus bertarung dengan waktu kerja yang tidak mudah. Di kantor lama, aku kesulitan menghapal dan murajaah karena padatnya jam kerja. Waktu itu aku berangkat pukul 6 pagi, pulang jam 8 malam. Sampai rumah tinggal makan,shalat isya, tidur deh…udah kelelahan. Yah maklumlah kerja di Kemayoran,pulang pergi naik kereta. Tadarus pun via hape sambil gelantungan di kereta.Jadilah aku cuma bisa menghapal dan murajaah tiap  weekend. Yah..itu mah keburu basi ingatannya.

Di kantor yang baru…lebih wuow lagi. Jam kerja dari jam 9 sampai jam 7 malam. Pergi dari rumah jam 7, sampe rumah jam 9 malam. Walau ada waktu-waktu santai di kantor, teteuup aja susah untuk menghapal karena aku paling bisa nempel hapalan kalau sendirian di kamar dan dibaca keras keras, mirip kayak anak SD mau ulangan. Jadilah sama.. cuma tiap weekend bisa nambah hapalan. Tapi karena dari rumah bisa berangkat jam 7 pagi, aku masih ada waktu murajaah setelah qiyamul lail atau paling engga habis shalat subuh. Ya walau cuma beberapa ayat doang.

Dalam setiap doaku ketika shalat di kantor, aku berdoa gini ke Allah, “Ya Allah, please, lapangkanlah hati dan waktu hamba agar bisa menghapal ayat ayatMu di tengah kesibukan hamba” . Ini doa yang kata katanya kurangkai sebisanya. Malah cenderung nyontek. Hehehe. Iya nyontek…jadi aku pernah tuh baca ungkapan gini, kalau ga salah ditweet ustadz siapa gitu, untuk ‘menyindir’ orang yang susah menyempatkan diri membaca Al Quran karena sok sibuk. Gini kata-katanya “membaca Quran itu nggak butuh kelapangan waktu, yang penting kelapangan hati”. Naaah aku contek dikit deh kata kata itu dalam doa singkatku. Maksudnya ya…aku berharap Allah memberikan kelapangan waktu (harapanku sih dengan macet yang nggak parah di perjalanan pulang, kereta on time biar cepet sampai rumah) dan aku juga berharap diberi kelapangan hati supaya aku nggak ngerasa malas, jenuh dan semangat terus untuk menghapal. Targetku sebelum Ramadhan nih harus hapal, supaya tarawihku keren gitu. Yakin deh, aku pasti keseringan tarawih sendirian di rumah. Bosen juga kalo suratnya Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas dll yg pendek pendek.  Dan Ramadhan itu beberapa hari lagi oh God…. :O

Suprisingly, Allah menjawab doaku dengan cara yang tak disangka sangka, sama sekali tidak pernah terbayang di pikiranku. Tiga hari yang lalu, tahu tahu country manager kami alias bosku mengumpulkan kami semua untuk menyampaikan beberapa pengumuman. Salah satunya good news bahwa ia sudah bernegosiasi dengan tim Zomato India bahwa…guess what? jam kerja kami dikurangi! Iya, dikurangi! Dari 10 jam kerja, jadi 8 jam kerja. Wuooooowww!

Alhamdulillah, ya Allah…asli aku amaze banget pas denger pengumuman itu. Mungkin kelihatannya biasa ya…tapi that makes me sure about one thing: Allah menjawab doa hambaNya, sesederhana apapun itu, dengan cara yang terbaik. Iya, terbaik, karena selain kepikiran sempitnya waktu menghapal, aku sempat ragu dengan jam kerja pulang dari kantor sudah jam 7 malam…kalau misalnya nanti aku nikah nih, masih sempat nggak ya masak, at least, nyiapin makan malam buat suami hehehe (padahal calon aja belum punya). Alhamdulillah, alhasil sekarang aku bisa pulang sampe rumah jam 7 malam. Bisa makan malam lebih awal, mandi lebih awal, bisa start menghapal dari jam 8 sampai jam 10 trus bobo deh…dan bangun lebih awal juga untuk QL. Allah, segala puji bagi-Mu…sedikit dan sederhana namun membahagiakan. Nikmat Tuhanmu lagi manakah yang kau dustakan?

2 thoughts on “Nikmat Waktu

Leave a Reply

