Blogwalking, Komentar, dan Nge-Blog

blog_post

Aku termasuk tipe blogger yang jarang blogwalking. Hehehe. Paling-paling visit sesekali ke blog yang memang ku-follow, itu pun karena tulisannya muncul di halaman reader akun wordpress-ku. Kalau pun blogwalking, biasanya nggak sengaja berkunjung ke blog-blog orang lewat pencarian di Google. Kalau sekarang sih aku seringnya blogwalking pengalaman orang seputar pernikahan, kehidupan rumah tangga dan mengurus anak (duuuh). Atau blog yang ada curhat single, biar merasa ‘ada teman seperjuangan’. Hahaha.

Biasanya, blogwalking itu diikuti dengan aktivitas memberi komentar. Once kita memberi komentar, maka akan ada kunjungan balik dan komentar balasan juga di blog kita. Menurutku sih ini nggak apa-apa ya, bukannya pamrih ‘gue kan udah komen di blog lo, komen balik dong’. Aku sih menganggap ini salah satu bentuk silaturahmi saja. Lumayan kan makin banyak kenalan, siapa tahu jadi teman beneran di dunia nyata.

Ngomong-ngomong soal komentar, naaah selain jarang blogwalking, aku juga jarang meninggalkan komentar di blog orang. Biasanya aku meninggalkan komentar jika sebelumnya ada yang meninggalkan komentar di blog-ku. Atau, jika aku memang benar-benar tertarik dengan tulisannya. Bukannya pelit komentar ya, tetapi kadang suka bingung gitu mau komentar apa. Hehehe. Aku sendiri selama ini menulis di blog ini tidak mengharapkan ada komentar yang masuk. Jadi ya…bisa dilihat blog-ku memang sepi komentar. Masih jauuuuh jumlah comments nya dibandingkan blog orang-orang lain. Bagiku, dibaca orang saja sudah cukup. Biasanya setelah posting, aku hanya share di Facebook-ku, di LINE, atau grup tertentu di WhatsApp. Nah, enaknya pakai WordPress, jumlah pageviews tiap post bisa kita pantau di menu Stats. Mau tahu posting apa yang paling banyak dilihat di blog ini? Ini diaaa….

  1. Masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan? Baca Ini Dulu! 
  2. Ngelamar Kerja? Perhatikan CV-mu!
  3. Apa ituE-marketplace?
  4. Sidang Tilang Tanpa Calo Tanpa ‘Damai’ di Pengadilan Negeri Depok
  5. Mengapa Memilih Taaruf?

Jumlah posting dilihat per hari: 50-150 pageviews

Jumlah visitor per hari: 50-100 visitors

Kalau dilihat-lihat sih statistiknya masih nggak seberapa, kalah jauh kayaknya dibanding blog tetangga-tetangga (kalah? Emangnya lagi balapan? :P). Tapi nggak apa-apa, aku udah cukup seneng. Baru kali ini aku bisa konsisten nge-blog dari tahun 2013 sampai sekarang. Dulu sih waktu SMA sampai awal masuk kuliah pernah ngeblog juga di Blogsp*t…tapi sayangnya nggak diurusin selama beberapa lama eh terus udahan deh. Barulah mulai ngeblog lagi pas Agustus 2013 dengan tulisan yang lebih berbobot. Waktu SMA mah isinya curhat mulu, sudah kayak diary gitu: hari ini gue diomelin guru, hari ini gue potong rambut, hari ini gue berantem sama temen, hari ini gue naksir kakak kelas….hahaha. Malu ah, kalau aku baca-baca lagi sekarang isinya alay banget. Zaman jahiliyyah 😛

Jadi…balik lagi, dengan melihat statistik blog-ku saja aku sudah happy. Hehehe. That’s why aku berpikir komentar sebenarnya bukan bagian yang wajib dari blogwalking dan komentar blog sebenarnya tidak perlu menjadi sesuatu yang kita ‘patokan’ kepopuleran blog kita atau sebagai sesuatu yang kita harapkan dari aktivitas menulis kita. Untukku pribadi, menulis adalah untuk diri sendiri. Untuk asupan jiwa, untuk menggali pikiran dan perasaan. Bagi penulis profesional, bisa jadi menulis memang untuk kepentingan orang lain. Apapun itu baik menurutku, yang penting memang diniatkan untuk kebaikan.

Anyway, aku ingin bilang terima kasih untuk pembaca-pembaca setia blog ini. Juga untuk orang-orang yang sudah ngeramein dengan komentar-komentar dan orang-orang yang ‘kesasar’ sampai ke blog ini. So much apreciated.  Happy rasanya bisa sharing hal-hal yang kualami sehari-hari, opini, pengetahuan yang kumiliki di blog ini.  Baca terus ya 🙂

2 thoughts on “Blogwalking, Komentar, dan Nge-Blog

  1. Hmm dapat komentar di blog itu rasanya sesuatu ketimbang dapat komentar di sosmed, krn klo ada coment brarti org itu membaca postingan blog qta yg agak panjang itu dan (agak) berpikir bgaimana isi komentar. Tapi coment adalah efek bukan tujuan ngeblog.. *izin berkomentar di tulisan ttg komentar

Leave a Reply

