Resensi: The 7 Habits of Highly Effective Teens (7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif)

Judul: The 7 Habits of Highly Effective Teens (7 Kebiasaan Remaja yang Sangat Efektif)

Penulis: Sean Covey

Tebal: 356 halaman

Rating:  five-stars-clear-background-300x80

the-7-habits-of-highly-effective-teens-525-zoom-1

Aku bisa mengatakan setelah Al-Quran, buku inilah yang juga menentukan arah hidupku. Aku membaca buku ini pertama kali kelas 4 SD (jangan tanya deh kok bisa aku baca buku kayak gini waktu SD…pikiranku memang tergolong ‘tua’ waktu kecil hehehe), dan saat itu awalnya aku membaca buku ini di Gramedia, langsung kepincut, kemudian aku merengek minta dibelikan buku ini. Nilai-nilai yang ada dalam buku ini sangat membantuku menjalani masa remaja yang katanya ‘seperti naik roller coaster’ dan sebenarnya menurutku tetap relevan sampai sekarang aku dikategorikan sudah bukan remaja lagi. Beberapa nilai yang sangat merasuk dari buku ini dan tetap kupegang hingga detik ini: menjadi pelaku perubahan di keluarga, terutama dalam hal pendidikan (ini aku banget…di keluargaku belum pernah ada yang kuliah sampai sarjana selain aku), menjadi orang proaktif, tidak menjadikan orang lain sebagai pusat kehidupan kita (jadilah orang yang terpusat pada prinsip), bersungguh-sungguh mengejar sasaran, merawat otak dengan membaca,  memegang prinsip tidak berhubungan seks di luar pernikahan (dan menjaga diri dari pelecehan), serta pentingnya bersinergi dengan orang lain. Nggak tahu deh gimana berterima kasihnya aku pada Sean Covey, si penulis yang juga merupakan motivator terkenal asal Amrik.

Sampai sekarang aku masih sering membaca buku ini, loncat-loncat ke bab yang sedang aku butuhkan, meresapi kata-kata si penulis berulang-ulang. Nggak heran buku ini bentuknya udah lecek banget dengan coretan sana-sini. Buku inilah yang juga mendorongku untuk menulis dalam rangka melegakan pikiran. Nantinya aku akan menyuruh anak-anakku untuk membaca buku ini juga.  🙂

Leave a Reply

