Resep Masakan: Ikan Tongkol Balado

Bahan:

Sumber: Google. Bukan foto masakanku. Hehehe

Sumber: Google. Bukan foto masakanku. Hehehe

-Ikan tongkol (yaiya dooong hehe)

-Cabai

-Bawang putih

-Bawang merah

-Gula

-Garam

-Asam jawa

-Jeruk nipis

-Tomat

-Penyedap rasa

 

Ukurannya? Secukupnyaaah…sesuaikan aja dengan kebutuhan dan berapa ekor ikan yang akan dimasak. Kalau ingin lebih pedas, tentu cabainya lebih banyak.

 

Step by step:

  1. Cuci bersih ikan tongkol. Nggak ngerti cara cuci ikan? Baca disini. Jangan lupa setelah bersih, urapi daging ikan dengan asam jawa dan cipratkan jeruk nipis. Biasanya untuk satu ekor ikan tongkol ukuran agak besar, 3 buah jeruk nipi kecil sudah cukup.
  2. Goreng ikan hingga matang. Biasanya nih bagi yang baru bisa masak goreng ikannya suka lebay, kayak prajurit mau perang…pasang kuda-kuda gitu. Satu tangan megang sodet, tangan lainnya pegang panci sebagai perisai dari minyak panas yang nyiprat-nyiprat. Hahaha. Tenang, aku dulu pertama-tama goreng ikan juga gitu kok. Sekarang udah biasa aja kena cipratan minyak dikit, kan ada yang namanya hand & body lotion…kalau luka tinggal olesi, jadi muluuuuusssh lagi kok 😀
  3. Selagi menggoreng ikan, bisa disambi dengan mengulek sambal. Masukkan cabai, bawang merah dan bawang putih (yang sudah dikupas dan dicuci ya tentunya), gula, garam dan tomat. Ulek semua jadi satu. Uleknya pakai perasaan, bayangkan wajah orang yang kamu benci muncul di permukaan ulekan. Nah, ulek deh tuh…jadi serasa ‘nih gue ulek-ulek muke lu!’. Hehehe. Canda ya.
  4. Jangan terlalu lama menggoreng ikan, takutnya gosong. Karena sudah dibaluri asam jawa, maka ikan tongkol yang digoreng akan lebih cepat garing dan rentang gosong kalau kelamaan. Setelah kecoklatan, angkat dan tiriskan ikan.
  5. Tumis sambal yang sudah jadi, masukkan ikan, beri air sedikit, masukkan garam dan penyedap rasa (bahasa gaulnya: meciiiin cyiiiin).
  6. Aduk-aduk, tumis hingga sambal meresap. Jangan lupa cicipi lagi sambalnya, dirasa apa yang kurang. Setelah kira-kira 8 menit, angkat dan sajikan.

 

Gampang kan? 🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s