iJakarta, Perpustakaan Digital Keren yang Wajib Download!

Rasanya aku ingin berucap syukur sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah! Yang dinanti-nantikan selama ini hadir di dunia kepustakawanan Indonesia muncul juga: sebuah perpustakaan digital! Ya, perpustakaan digital yang selama ini selalu jadi ‘mimpi’ yang didengungkan para dosen dalam teori perkuliahanku dulu.  Suatu hari nanti, akan hadir perpustakaan digital di Indonesia, tidak kalah dengan luar negeri punya…bila Pemerintah sudah menaruh perhatian lebih pada perpustakaan, bila dana yang loyal akhirnya dikucurkan untuk perpustakaan, bila berbagai pihak dalam dunia pendidikan sudah lebih serius menggarap perpustakaan, bila tak terbentur lagi masalah hak cipta dengan penerbit, bila….

Sampai suatu ketika, sebuah kabar datang dari Nadia, juniorku dulu di kampus, jurusan Sastra Indonesia (ah, sayang sekali datangnya kabar ini bukan dari anak Ilmu Perpustakaan hehe) tentang layanan perpustakaan digital yang baru saja diluncurkan oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta. Layanan perpustakaan digital ini berbentuk aplikasi mobile yang bisa kamu download langsung dari Google Playstore secara gratis tis tis! Wow, selamat tinggal perpustakaan digital ala-ala yang berbayar! (FYI, sebenarnya azas utama perpustakaan adalah bebas dan gratis. Jadi jika ada perpustakaan yang bayar, hmm lebih tepatnya disebut rental buku. hehehe)

Untitledsjd

Silahkan search ‘iJakarta’ di Google Playstore. Nah…ini dia bentuk aplikasinya. Untuk bisa mengakses layanan perpustakaan, kita perlu sign up akun email kita dulu (bisa juga pakai akun Facebook). Gampang kok, tinggal klik ‘Yes-yes’ aja kayak aplikasi lainnya. Dan sekali lagi, ini gratis!

First, aku kenalin dulu yah satu-satu menu dalam aplikasi ini.

Screenshot_2016-04-23-09-34-13

User interface-nya friendly banget menurutku! Ketika masuk, kita akan langsung ke menu ‘Koleksi’ dan disuguhi deretan buku yang populer dipinjam. Untuk mencari buku yang kita inginkan, bisa melalui navigasi ‘Search’ di pojok kanan atas atau jika kita ingin mencari buku dengan genre tertentu, kita bisa klik’Genre Buku’, tinggal pilih deeeh. Bagusnya lagi, disini juga tersedia BSE alias Buku Sekolah Elektronik. Wah, kalau aku jadi orang tua murid sih mending download BSE trus di-print deh…daripada beli buku paket sekolah yang muahal-muahal. Hehehe. Sebenarnya selain di iJakarta, ada juga website BSE di link ini . Kebetulan dulu aku sering download untuk bahan ajarku di Rumbel dan les privat. Sayangnya di website itu BSE-nya terbitan lama (meskipun ilmunya sih sama aja), nah di iJakarta ini kuperhatikan BSE-nya termasuk terbitan baru semua (tahun 2013 ke bawah). Oh ya, di pojok kiri atas, juga terdapat informasi profil kita sebagai pengguna yang bisa kita tambahkan avatar juga.

Screenshot_2016-04-23-09-34-20

Screenshot_2016-04-23-09-34-57

Screenshot_2016-04-23-09-34-33

Masih newbie, Gan!

Menu berikutnya, persis di samping ‘Koleksi’ adalah ‘ePustaka’. Pada menu ini, kita bisa melihat koleksi-koleksi dari badan/tokoh masyarakat yang masih berhubungan dengan BPAD DKI Jakarta seperti kantor arsip daerah, perpustakaan sekolah, radio, sampai ada koleksinya Pak Ahok lho.

Screenshot_2016-04-23-09-35-10  Screenshot_2016-04-23-09-35-28

Next, ada menu ‘Home’ yang mirip sosial media, memuat aktivitas user-user lain seperti menambahkan buku (jadi ternyata kamu pun bisa bikin perpus digital-mu sendiri lho disini), mem-follow, dan lain-lain. Aku sih belum ada follow orang siapa-siapa selain akun BPAD DKI Jakarta, hehe…belum ada yang aku tertarik bukunya soale. Yah, siapa tahu aja kamu-kamu yang kutu buku bisa ketemu soulmate kamu disini, sesama kutu buku…ihiiiy! 😀

Screenshot_2016-04-23-09-35-56

Setelah menu ‘Home’, ada menu ‘Rak Buku’ yang memuat buku-buku pinjaman kita.

Screenshot_2016-04-23-09-36-08

Bagaimana cara meminjam? Gampang…ketika sudah menemukan buku yang cocok, kamu tinggal tap ‘Pinjam’, lalu akan muncul link download buku. Buku yang kita pinjam dalam bentuk pdf, bukan hasil scan perpustakaan lho ya. Biar makin tertarik, sebelum meminjam, kamu juga bisa lihat sinopsis buku dan ulasan orang-orang yang pernah baca buku ini. Disini juga terlihat berapa banyak user yang sudah pernah baca buku ini sehingga bisa terlihat kepopuleran buku tsb. Oya, kita bisa meminjam buku maksimal sehari 3 e-book.

Screenshot_2016-04-23-09-38-22

Screenshot_2016-04-23-09-39-19

Screenshot_2016-04-23-09-38-34Screenshot_2016-04-23-09-38-58

 

Screenshot_2016-04-23-09-42-27

Screenshot_2016-04-23-09-37-36

Kayak gini nih bentuk bukunya.Lebih enak lagi kalau bacanya pakai tablet.

Selama membaca, kamu bisa juga loncat ke bab-bab berikutnya melalui daftar isi buku.Untuk menandai suatu halaman, kamu bisa klik tanda ‘bookmark’ di pojok kanan atas, jadi nggak perlu ribet scroll halaman ketika akan membacanya lagi.

Screenshot_2016-04-23-09-37-46 Screenshot_2016-04-23-10-50-23

Kalau sudah selesai baca, tinggal klik ‘Kembalikan’ deh. Seperti buku biasa, e-book ini jumlah copy-nya terbatas, jadi kalau sudah selesai baca buru-buru kembalikan ya, biar yang lain juga bisa baca. Di setiap buku tertera berapa jumlah copy-nya, misalnya judul X memiliki 3 copy. Artinya judul X memiliki 3 eksemplar buku yang bisa dipinjam. Kalau yang mau pinjam ada 5 orang, terpaksa 2 orang sisanya harus klik ‘Antri’. Kayak waktu aku mau pinjam buku-bukunya Agatha Christie dan Sir Arthur Conan Doyle nih…semuanya harus antre! 😦 Untuk men-tracking  buku apa aja yang pernah kita pinjam, siapa tahu kan’ mau baca lagi, kita bisa ke ‘Riwayat Pinjaman’.

Screenshot_2016-04-23-10-11-55

Screenshot_2016-04-21-11-38-34

Screenshot_2016-04-23-09-36-33

Duh, maap maap yah riwayat pinjaman gadis usia 20-an begini ini nih >.< hahaha

Sedikit analisaku mengenai hak cipta buku, kebetulan aku pernah pelajari di kuliah dulu..menurutku regulasi peminjaman di iJakarta ini sudah tepat. E-book otomatis tersimpan di rak buku iJakarta, jadi kalau mau baca pun harus masuk ke aplikasi dulu dan connect dengan internet. Prinsipnya adalah cloud computing, jadi ngga ada tuh melanggar hak cipta karena perpustakaan memang tidak memperbanyak buku (jumlah copy terbatas). Aku belum update lagi ya mengenai hak cipta pada buku digital atau e-book, tapi menurutku ini sudah kemajuan luar biasa bagi dunia pendidikan Indonesia. Tinggal nunggu munculnya aplikasi sejenis nih yang isinya artikel ilmiah anak bangsa seperti yang dulu aku pernah gagas di suatu perlombaan esai (Eh, atau aku aja yang bikin ya? Hehehe).

Akhir kata, aku mengapresiasi sebesar-besarnya kehadiran perpustakaan ini. Benar-benar bermanfaat bagi masyarakat luas. Kini, semua orang bisa dengan mudahnya mengakses gudang ilmu dimanapun dan kapanpun dalam genggaman tangan. The power of technology. Terima kasih kepada Pemerintah DKI Jakarta yang sudah merilis program yang sangat baik ini. Aku berharap semoga program ini juga bisa menyebar  ke daerah-daerah lainnya, apalagi kalau bisa sampai menghimpun teks-teks kuno warisan budaya Indonesia. Hidup perpustakaan! 😀

Advertisements

10 thoughts on “iJakarta, Perpustakaan Digital Keren yang Wajib Download!

  1. Mbak, gabung di moco juga kah? Saya dapat selebaran dari moco (seingat saya) tahun 2013 atau 2014 atau malah 2012 pas awal2 moco, tapi belum paham cara pakainya 😥

  2. Pingback: Commuter Line – Annisarah

  3. Halo, wah tulisannya bagus. Cukup menggambarkan soal ijakarta. Saya juga sudah download. Oya, mau tanya kalau pinjam buku, waktu pengembaliannya berapa lama ya?terima kasih.

    • Halo Septi,untuk mengembalikannya cukup tap pilihan di buku, kemudian klik tombol ‘Kembalikan’. Aku kurang tau juga tuh lama peminjaman…soalnya aku baca bukunya cukup cepat..hehe.Biasanya sebelum seminggu udah dibalikin. Hehehe. Enjoooy 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s