Ramadhan with Love: Sebuah Epilog

Sebelumnya aku ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437H, mohon maaf lahir bathin ya jika ada salah dan khilaf Sarah selama ngeblog di wordpress ini…semoga Allah menerima amalku dan amalmu 🙂

Alhamdulillah, PR besar selama Ramadhan berakhir sudah pada tanggal 2 Juli 2016 lalu, ketika sekitar pukul 8 pagi, aku telah mengirim Laporan Pertanggung Jawaban Ramadhan with Love ke seluruh donatur yang berjumlah 94 orang. Aku harap nggak ada donatur yang terlewat ya (kalau ada, boleh ya email ke harirayauntukmereka@gmail.com). Ditanya rasanya gimana? Luar biasa lega dan bahagia! Sebagai ketua panitia yang bertanggung jawab penuh atas amanah ini, aku merasa…sungguh, Ramadhan with Love ini benar-benar menjadikan Ramadhanku tahun ini begitu bermakna. Terharu banget sama kebaikan hati para donatur, bahkan di detik-detik terakhir campaign. Ketika campaign di Kitabisa sudah ditutup, masih ada saja yang mau donasi , pas banget sebelum kita belanja baju lebaran gelombang terakhir. Namun di atas itu semua, percayalah….yang paling bikin bahagia adalah ketika melihat anak-anak yatim dan dhuafa tersebut benar-benar mengenakan baju lebaran pemberian kita semua. Priceless….ya Allah, nikmat mana lagikah yang bisa kami dustakan? Allahuakbar…masya Allah..

Selesai LPJ dikirimkan, aku dan teman-teman panitia RWL saling mengharu-biru di grup WhatsApp kepanitiaan kami ini. Hiks :’)

13439162_10206180089292885_1885952880458515638_n

Nah, walaupun LPJ Ramadhan with Love sudah dikirim dan dipublish juga di https://kitabisa.com/ramadhanwithlove , aku pingin mengupdatenya juga disini nih. Ya kan sebelumnya aku juga udah sering woro-woro di blog ini tentang RWL. Biar keliatan gitu endingnya gimana, apalagi banyak juga yang terketuk untuk donasi setelah membaca postinganku di blog ini.

Oya, versi lengkap dari LPJ ini bisa diunduh di https://goo.gl/uDn3iz

Foto dokumentasi lengkap https://www.facebook.com/Ramadhan-With-Love-478906738960142/photos/?tab=album&album_id=510743705776445

Video dokumentasi:

Taraaaa ini quick updatenya!

***

Alhamdulillah, program Ramadhan with Love telah dilaksanakan dan insya Allah telah memberi manfaat bagi 221 anak yatim dan dhuafa yang tersebar di wilayah Bogor, Bekasi, Depok, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Boyolali, Sukoharjo, Purworejo, Kebumen, dan Jayawijaya Papua. Total donasi yang masuk baik dari online maupun offline adalah senilai Rp. 17,597,456.

Di bawah ini adalah detail kegiatan yang telah dilaksanakan oleh panitia Ramadhan with Love selama program berlangsung.

Tanggal Kegiatan
15 Mei 2016 Penggalangan donasi Ramadhan with Love resmi diluncurkan di Kitabisa.com ( https://kitabisa.com/ramadhanwithlove ) dan viral di media sosial dan jaringan komunikasi lainnya.
11 Juni 2016 Pembelanjaan baju lebaran gelombang pertama untuk anak muslim Papua sebanyak 50 stel baju lebaran di Pasar Tanah Abang
13 Juni 2016 Pengiriman paket baju lebaran ke BSMI Jayawijaya, Wamena, Papua melalui Pos Indonesia
21 Juni 2016 Baju lebaran baru sampai di Papua dan didistribusikan langsung oleh BSMI Jayawijaya Papua
18 Juni 2016 Pembelanjaan baju lebaran gelombang kedua untuk anak yatim dan dhuafa di Bogor, Bekasi, Sukoharjo, Jakarta Timur, dan Purworejo sebanyak 51 stel
23 Juni 2016 Periode donasi di https://kitabisa.com/ramadhanwithlove berakhir
24 Juni 2016 Periode donasi via transfer rekening berakhir
25 Juni 2016 Pembelanjaan baju lebaran gelombang ketiga untuk anak yatim dan dhuafa di Jakarta Utara, Bogor, Bekasi, Kebumen, dan Sukoharjo sebanyak 120 stel baju lebaran.
26 Juni 2016 s/d 1 Juli 2016 Distribusi di Bogor, Bekasi, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Sukoharjo, Boyolali, Purworejo, dan Kebumen

Sasaran donasi Ramadhan with Love yang utama di luar Pulau Jawa adalah anak muslim Papua yang tinggal di desa-desa binaan Lembaga Kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia dan bagi di Pulau Jawa adalah anak yatim dan dhuafa di lingkungan rumah dan kampung halaman panitia Ramadhan with Love yang didata melalui RT RW. Anak yatim dan dhuafa ini tidak diasuh dalam panti atau yayasan, hanya ada beberapa yang mengikuti komunitas pendidikan masyarakat lokal seperti Badan Narkotika Nasional Sukoharjo dan Rumah Belajar Impian Bojong Gede. Dikarenakan donasi yang masuk berlebih, maka kami menambah alokasi pemberian baju lebaran untuk diikutsertakan dalam acara santunan dan buka bersama Forum Indonesia Muda bersama anak dhuafa warga eks Pasar Ikan yang masih tinggal di penampungan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Sisa dari pembelanjaan donasi ada pula yang tidak disalurkan dalam bentuk baju lebaran, namun dalam bentuk sumbangan alat sholat untuk mushola BNN Sukoharjo serta sembako dan santunan untuk seorang anak disabilitas di Boyolali.

Daftar anak yatim dan dhuafa penerima baju lebaran baru yang diikutsertakan dalam Ramadhan with Love.

-50 anak muslim Papua di Jayawijaya, Wamena, Papua

-65 anak dhuafa warga penggusuran Pasar Ikan di penampungan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara

-13 anak yatim dan dhuafa asuhan Rumah Belajar Impian di Kp. Pulo, Bojong Gede, Kab. Bogor

-5 anak yatim dan dhuafa di Kp. Susukan, Bojong Gede, Kab. Bogor

-8 anak yatim dan dhuafa di Kp. Sawah Poncol, Bojong Gede, Kab. Bogor

-6 anak yatim asuhan Sanggar Badan Narkotika Nasional Sukoharjo

-4 Anak yatim dan dhuafa di Desa Kokopan, Kab. Kebumen, Jawa Tengah

-20 anak yatim dan dhuafa yg tersebar di Kec. Sukoharjo, Kec. Nguter, Kec. Bendosari, Kab. Sukoharjo.

– 10 anak yatim dan dhuafa di Karanggede, Boyolali

-7 anak yatim dan dhuafa di Kelurahan Munjul, Cipayung, Jakarta Timur

-5 anak dhuafa di Kec. Gebang dan Kec. Banyuurip, Purworejo,Jawa Tengah

-2 anak dhuafa di Kel. Pondok Cina, Depok.

-29 anak yatim & dhuafa di Kp. Pabuaran dan Desa Cikopomayak, Jasinga, Kab. Bogor.

-10 anak yatim dan dhuafa di Kp. Tugu, Bekasi Timur

Total Donasi Terkumpul Rp. 17,597,456
Rincian Pengeluaran:
Potongan biaya admin campaign di Kitabisa.com Rp.       473,868
Belanja gelombang 1 (50 stel baju lebaran) Rp.   3,000,000
Ongkos kirim paket kilat ke Papua Rp.   1,217,500
Belanja gelombang 2 (51 stel baju lebaran) Rp.   3,608,000
Belanja gelombang 3 (127 stel baju lebaran)     Rp.   8,530,000
Plastik goody bag Rp.         36,000
Stiker goody bag Rp.         60,000
4 mukena + 4 sarung untuk disumbangkan ke mushola BNN Sukoharjo Rp.       480,000
1 paket sembako+ amplop untuk 1 orang anak disabilitas di Boyolali Rp.       200,000
Total Pengeluaran Rp. 17,605,368
 
Defisit Rp.           7,912

Tak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua donatur yang telah mempercayakan donasinya kepada kami. Semoga Allah membalasnya dengan pahala terbaik dan melimpahkan rahmatNya kepada para donatur sekeluarga. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan program ini:

-Kitabisa.com (https://kitabisa.com) sebagai media campaign Ramadhan with Love yang sangat efektif membantu dalam publikasi dan memfasilitasi hubungan kami dengan para donatur dan rekapitulasi donasi.

-Lembaga Kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Jayawijaya Papua yang telah mendistribusikan baju lebaran baru untuk anak muslim Papua.

-Penerbit Bintang Pelangi yang telahmengikutsertakan kami dalam project ‘Menulis Sambil Beramal’ dimana peserta project selain mempublikasikan tulisan bertema Ramadhan juga menyalurkan donasi ke Ramadhan with Love

-Badan Narkotika Nasional Sukoharjo, Rumah Belajar Impian Bojong Gede dan Forum Indonesia Muda atas kerjasamanya dalam penyaluran sebagian baju lebaran baru.

Alhamdulillah, segala puji dan syukur tak terhingga pada Allah SWT yang telah mencatatkan program ini sebelumnya sejak jauh hari di lauh mahfudz dan telah memperjalankan berbagai pihak dan peristiwa serta mengijabah doa kita semua sehingga program Ramadhan with Love ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses tanpa suatu hambatan berarti. Shalawat serta salam juga kami haturkan pada Rasulullah SAW beserta keluarga dan sahabatnya dalam kesejahteraan hingga hari kiamat kelak. Kami menyadari selama penyelenggaraan program ini tak lepas dari kekurangan-kekurangan, sehingga kami mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dari ikhtiar kami. Semoga laporan pertanggung jawaban ini bermanfaat dan menjadi bentuk amanah yang dapat kami pertanggung jawabkan baik di dunia maupun di akhirat serta program ini dicatat sebagai amal yang akan menjadi syafaat atau pertolongan bagi kita semua saat bersaksi di hadapan Allah SWT kelak. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s