Pengalaman Pertama Merajut :)

 

Merajut itu membutuhkan kesabaran. Mungkin itulah mengapa diksi atau pilihan katanya bukan menjahit harapan atau menyulam masa depan, tapi merajut harapan atau merajut masa depan. *Eaaaaa 😛

 Sebenarnya sudah lama aku tertarik merajut. Berawal dari duluuuu suatu hari aku pulang kerja di kereta, aku melihat seorang ibu hamil yang sedang tekun merajut. Mungkin untuk pakaian calon bayinya ya. Rasanya kok asyik aja gitu melihatnya. Dari situlah aku jadi tertarik dan banyak mencari tahu tentang rajut-merajut. Setelah browsing sana-sini, aku pun memutuskan ingin belajar merajut teknik knitting. Jadi ada 2 macam teknik merajut nih: knitting dan crochet. Apa bedanya? Wah aku sendiri masih agak susah nih ngejelasinnya, untuk lebih tahu tentang banyak, silahkan baca disini. Hehehe.


Itu baru memutuskan belajar doang. Prakteknya? Hahaha…baru entah berapa lama kemudian. Ya, karena sudah sibuk kerja, kegiatan di komunitas, pengajian, dan keseibukan lainnya, akhirnya keinginan belajar merajut tertunda terus. Sampai pada libur lebaran kemarin, akhirnya terwujud juga belajar beneran merajut. Langkah pertama tentu beli alat-alat rajut. Karena aku menggunakan teknik knitting, maka alat rajut yang kugunakan adalah breien. Aku membeli breien jenis circular dan segulung benang katun pertamaku di Toko Rajutan Mama, Depok Town Square pada Sabtu lalu. Ayo warga Depok dan sekitarnya yang sedang ingin belajar merajut, silahkan mampir ke toko ini. Benang dan alat yang dijual di toko ini sebenarnya agak mahal sih dibanding sama yang dijual di Tokopedia (aku baru beli benang lagi lho di Tokopedia…15 ribu saja shaaaay), tapi memang kebanyakan benang dan alat tsb memang impor. Asiknya lagi pas di toko ini, ketika tahu aku seorang pemula, mbak-mbak penjualnya langsung menawariku belajar rajut permulaan langsung. Aku diajari membuat slipknot (simpul pertama),  stitches, dan membentuk knit. Si Mbak pun juga promosi kursus rajut yang juga diselenggarakan toko tersebut. Biayanya Rp425,000 dengan 6 kali pertemuan. Hmm tertarik sih, tapi aku kayaknya pingin belajar otodidak dulu deh, nanti kalau projectnya sudah tingkat tinggi seperti bikin boneka atau baju baru deh aku ambil kursus disitu. Oh ya, kalau ada yang tertarik untuk kursus rajut di Depok silahkan nih hubungi Mbak Riska 087887743161.

Kesan pertama? Njelimet! Tapi begitu dicoba terus beberapa jam kemudian…duh asik! Sensasinya seasik kalau lagi ngutak-ngatik rumus excel di kerjaan kantor. Hahaha.  Semingguan kemarin, aku sempat-sempatkan merajut di sela-sela waktu luang. Pas istirahat kantor, pas nunggu excel calculate hitunganku, sambil berdiri di kereta dan busway….dan jadi juga akhirnya: sepatu bayi! Hihihi. Tapiiiii baru sebelah hahaha. Yang satunya lagi masih dibikin, tapi udah gatel pengen pamerin di sosial media. Gimana? Lucu ngggaaaaaak????!! 😀

 

IMG_20160724_081856

Harap maklum ya masih banyak rajutannya yang ‘mbrudul’ hehehe

IMG-20160724-WA0000

Nah, sekarang selain ngerajut sepatu sebelah lagi, aku juga sedang merajut menggunakan benang yang baru kubeli di Tokped. Tekstur dan ukurannya berbeda dengan benang katun yang pertama kali. Kalau yang pertama terlalu lembut dan ukurannya kecil, sehingga menghasilkan rajutan yang rapat dan terasa lebih lama merajutnya (rajutannya agak lama nambah lebarnya). Sedangkan yang baru ini dari bahan polyester, ukurannya besar, sehingga hasil rajutannya agak renggang sedikit tetapi lebih cepat pengerjaannya.

img1469344761553

Bagi kamu yang berminat belajar merajut, nih aku kasih link-link video tutorial merajut untuk pemula. Ini ada tutorial belajar membuat slipknot, stitches, knit, dan bind off  (menutup rajutan). Oh ya, ada juga nih video yang kugunakan untuk belajar membuat sepatu bayi. Selamat mencoba! 🙂

 

 

2 thoughts on “Pengalaman Pertama Merajut :)

Leave a Reply

