Travelling to Singapore 4D3N: Day 2, Menengok Cantiknya Gardens by The Bay

SG Hari Kedua.
Masih mau kan baca cerita gue? Hahaha *kayak ada yang baca aja* Okey, itinerary hari kedua juga gak banyak, seharian (pagi sampai sore) itu gue dan Jeane pergi ke Gardens by The Bay, sebuah konservatorium tumbuhan buatan yang terletak di dekat Marina Bay Hotel. Sebenernya di hari kedua ini kita juga mengunjungi China Town di malam harinya, tapi gue akan tulis tentang China Town secara terpisah di ulasan tempat belanja dan kulineran, gabung sama ulasan tentang Bugis Street dan Arab Street.

OK?OK.

Kita berangkat agak siang dari hostel, sekitar pukul 09.30. Untuk ke GBTB naik MRT cukup mudah, tinggal naik MRT turun di Bayfront. Nah dari sana udah gampang tuh tinggal jalan, gak gitu jauh kok dan gak perlu takut kesasar karena banyak petunjuk jalan yang memudahkan.

img-20160922-wa0072

Atap GBTB dari kejauhan.

img-20160922-wa0064

Gak tahu ini bangunan apaan. Tempat neduh doang kali yee. Ada di jalan menuju GBTB.

Jembatan menuju GBTB

GBTB terletak tepat di belakang Marina Bay Hotel, terdiri dari 2 konservatori: Cloud Forest dan Flower Dome. Jalan kaki sekitar 10 menit melewati taman-taman, akhirnya sampailah kita di GBTB. Gimana cara beli tiket GBTB? Bisa melalui konvensional di loket dengan antre dan seharga sekitar 25 SGD, bisa juga beli tiket di ‘calo’ kayak gue dengan harga 22 SGD saja bebas antre. Hahaha. Dimana belinya? Cek tulisan gue sebelumnya tentang trip ini ya disini.

img20160922142938

Cloud Forest

Konservatori yang pertama kita masuki adalah Cloud Forest yang menyuguhkan sensasi serasa dalam hutan hujan di pegunungan. Dalam Cloud Forest ini ada satu bukit buatan dengan air terjun yang bisa kita kitari dengan jembatan landai.

img_20160923_075215

Masuk ke dalam Cloud Forest, hawa dingin langsung menyergap. Serrr..menghapus hawa panas yang sedari tadi kita rasakan selama perjalanan mencari GBTB. Setelah melalui pintu masuk, kita langsung melihat air terjun tercurah dari bukit. Bagi yang pakai sandal, hati hati licin yah. Jalan teruuus mulailah pendakian ‘boong boongan’ di tengah tengah kabut ‘boong boongan’. Hehehe
img20160922124326

img20160922121758

img20160922122127

Untuk mengitari bukit Cloud Forest bisa dengan dua cara: jalan naik atau turun. Gue dan Jeane mengitari dengan jalan menurun, jadi kita naik dulu dengan lift ke lantai 6 yang paling tinggi kemudian jalan menuruni jembatan yang mengitari bukit.

img20160922123353

img20160922123540

Udah kayak turis kesasar.

Yang jelas banyak banget lah spot foto yang instragammable disini. Oh ya, masuk dalam bukit (karena ini bukit boongan, di dalamnya adalah gedung dengan lift, eskalator, museum,dll hehehe), kita bisa mengunjungi museum penyimpanan bebatuan kristal.

img_20160922_140846

img20160922124928

Yang ini bloggable. Hahaha

img20160922131447

Secret garden. Ada buaya-buayaan. Buaya darat kale ah!

img20160922123901

Selain itu ada pula semacam zona yang disebut Earth Check dimana ada beberapa layar yang sedang menampilkan keadaan cuaca,iklim, vegetasi, dsb di berbagai belahan dunia. Cocok banget sebagai media pembelajaran geografi untuk anak. Pas kita lagi kesini kebetulan juga sedang ada anak-anak sekolah sedang study tour. Dalam zona ini juga terdapat semacam maket GBTB yang menggambarkan bagaimana GBTB mengolah sustainable energy.
Selain itu ada pula bioskop kecil dekat pintu exit yang memutarkan film dokumenter singkat tentang keadaan bumi saat ini hingga beberapa puluh tahun ke depan jika global warming semakin meningkat hingga 5 derajat. Ya semacam Discovery Channel gitu lah.

img20160922130404

Flower Dome

Flower Dome adalah destinasi kedua kita setelah Cloud Forest. Berbeda dengan Cloud Forest yang memiliki zona-zona tersendiri, Flower Dome benar-benar ‘hanya’ sebuah kebun bunga. Tentunya berisi bunga-bunga langka yang perawatannya khusus, sehingga tidak bisa ditempatkan secara terbuka di iklim Singapore yang panas.

img-20160922-wa0133

img20160922152044

img-20160922-wa0118

Berbagai jenis bunga dari mancanegara ada disini, bahkan bunga bunga yang biasa ditanam Emak gue seperti eforbia dan lidah mertua (Sansivera). Bagi pecinta tetumbuhan cucok banget nih berlama-lama di sini.

img-20160922-wa0135

img20160922151526

img20160922154008

img20160922154854

img20160922154357

Foto ala ala.

Foto ala ala.

img20160922150717

Selesai berkunjung, kita pun menyempatkan melewati Super Tree, yang gambarnya kayak gini lho.Sayang kita gak ngelewatin super tree di malam hari jadi gak bisa ngelihat lights nya yang amazing.

img-20160922-wa0076

img-20160922-wa0136

Overall gue puas banget ke Gardens by The Bay, worth it lah tiket seharga 22SGD. Hahaha. Setiap sudut tertata dengan apik dan enaknya..ada keran air minum! Huaaaa bagi gue yang anti air mineral SG yang mahal, nemu keran air minum di public area tuh kayak nemu oase di tengah gurun *lebay*
Menjelang sore, kita baru cau dari GBTB. See you on next post ya!

Advertisements

4 thoughts on “Travelling to Singapore 4D3N: Day 2, Menengok Cantiknya Gardens by The Bay

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s