The Amazing Museum Angkut dan Taman Bunga Selecta

Hari ketiga sekaligus hari terakhir gue dan Ween travelling di Malang. Cuma 3 hari, tapi kayak udah banyaaak banget tempat dikunjungi. Hehehe
Pagi pagi abis subuh, kami sudah siap siap. Kalau kemarin kita pakai outfit ‘seadanya’, kali ini kita pakai outfit yang rada gayaan dikit…ootd (alias outfit of the day) ceritanya. Masih dengan motor sewaan, gue dan Ween cusss ke tujuan pertama kami, Taman Bunga Selecta. Lokasinya sekitar setengah jam dari homestay kami dan surprised, Senin pagi sama sekali gak macet lho (yaiyalaaa lu kira Jakarta). Kayaknya Selecta ini letaknya di daerah Batu yang agak ke atas, dan saat kami kesana, cuaca mendung mendung syahdu sambil sesekali gerimis semriwing gitu. Tiket masuk Selecta 25 ribu saja, dengan parkir motor 5 ribu. Pas kita lagi di Selecta, banyak rombongan sekolah lagi karyawisata juga. Duh berasa jadi dedek dedek lagi deeeh. Hahaha.

Menurut gue Taman Bunga Selecta indah sih, tapiiii not so special hehehe. Cuma bunga bunga gitu aja dan kebanyakan ornamen hati nya. Bikin miris yang jomblo aja hahaha. Tapi beneran deh, masih jauh lebih istimewa taman bunga matahari yang di Puncak dengan ornamen dinosaurus, labirin, dan sebagainya. Mungkin satu satunya yang keren disini adalah skyride nya yang gue dan Ween gak naikin karena pertama, males bayar lagi. Dan kedua, betis udah gede boook, gak sanggup deh ngendarain sepeda lagi (iyes, sepeda ini jalannya pakai tenaga kita,bukan mesin).

image109

olof30701

DCIM100MEDIA

image116
image118

Yaaaudah gitu doang Selecta. Foto foto jadi indah mungkin karena ada gue nya kali ya. Bwahahaha *ketawa setan*. Sekitar jam setengah 11, gue dan Ween menuju Alun Alun Kota Batu lagi untuk makan siang-yang cukup mengecewakan karena banyak penjual makanan masih tutup dan akhirnya makan di Pujasera dengan penjual yang galak abis-kemudian ke destinasi terakhir kami: Museum Angkuuuuut 😀

Museum Angkut

Museum Angkut terletak gak jauh dari Alun Alun Kota Batu, gak jauh juga dari homestay kita. Ya pokoknya semua ditempuh menggunakan Gmaps deh. Hehehe. Jam bukanya pukul 12.00 siang sampai 20.00 malam. Tiket masuknya sendiri memang agak pricey untuk ukuran museum, yautu 60ribu weekday dan 100rb saat weekend. Pas gue dan Ween kesana, tanggal 19 Desember 2016 sudah masuk musim liburan alias peak season jadi harganya disamain kayak weekend. Tapi gapapa, karenaaaa…..*take a breath* Museum Angkut was soooo coooooollll!!! Bagi yang belum pernah kesana, siap siap ini rangkaian fotonya spoiler abis dan bikin mupeng.

Pertama tama, kita masuk zona kendaraan tua yang pernah ada di Indonesia dan buatan luar negeri. Yang paling ‘wow’ tentunya adalah mobil dan helikopter kepresidenan milik Presiden Soekarno.

image119

image123image121

 

image125

Dan ternyata gue baru ngeh, kalau mobil jaman dulu ukuran mesinnya gede banget, 4000 cc ke atas. Kata Mas gue yang pecinta otomotif, mesin mobil jaman dulu memang gede karena butuh mesin gede dulu agar jalannya cepet. Tapi efeknya tarikan mobil lebih berat dan bensin jauh lebih boros. Beda dengan mobil jaman sekarang yang gak perlu cc besar untuk bisa jalan kenceng. Agya gue aja cuma 1000cc. Hehehe.

 

nhpl14571

Ada juga mobil yang dipakai racing jaman dulu. Vintage Racing 🙂bywy88771

Dan alat transportasi lainnya…dari yang jadul parah sampai kekinian.
lqqd08251

 

Gak hanya sekedar lihat-lihat, ada juga sarana belajar dan games edukasi seperti menebak suara knalpot, pengetahuan perkembangan transportasi dan dampaknya bagi lingkungan sampai diajak berandai-andai gimana kendaraan masa depan. Btw, ada gambar transportasi masa depan di 2017 tuh…bener gak ya bakal ada flying car? *mikir keras Yang menarik, di sini juga ada Tucuxi,mobil listrik pertama Indonesia yang sayangnya mengalami kecelakaan saat uji coba dikendarai oleh Dahlan Iskan pada 5 Januari 2013. Masih ingat kan beritanya? Sayang banget yah, padahal mobil ini aslinya keren 😦

uwqx76381

qhrg32701

Uang bisa mengangkut kita jalan kemana-mana, bisa juga mengangkut kita ke…pelaminan #eaaa

Naik lift, kita masuk ke area transportasi udara yang lebih keren lagi. Wow, ternyata luas yah museum ini. Di area ini kita bisa memasuki pesawat Boeing (gratis!) untuk berfoto di dalam pesawat sampai di kokpit pilot. Sayangnya ngantre bangeeet, karena keterbatasan waktu, gue dan Ween cukup berfoto-foto di luarnya aja. Di area ini kita bisa juga main mobil-mobilan yang ngelinding, gak jelas sih apa namanya, tapi kayaknya seru. Tapi gue males nyoba karena antre dan bayar lagi. Hehehe.

tkoj44001

Sampai ada miniatur apollo lho.

Bosen lihat alat transportasi mulu? Waaaah jangan salah, Museum Angkut gak cuma sekadar itu. Sesuai namanya sekarang, Museum Angkut juga plus Movie Star, area wisata yang didesain dengan miniatur berbagai tempat di dunia. Dari mulai Broadway, Hollywood, Prancis, Jerman, sampai Buckingham Palace. Kesan gue pas masuk area ini…gak nyangka banget lah di Indonesia, apalagi di sebuah kota kecil Batu yang jauh banget dari ibu kota (bahkan jauh dari ibu kota provinsi Jatim, Surabaya) ada museum sekeren ini. Perlu banget nih untuk dipromosikan sampai keluar negeri. Jadi inget waktu ke Singapore pada September lalu….sekeren apa museum disana juga gak punya beginian. Hehehe. Puas banget, lucu-lucu dan keren. Selfieable banget deh!

Ohya, sebenarnya ada juga area khas Indonesia yang mengambil setting Batavia Tempo Doeloe, dari mulai suasana Stasiun Jakarta Kota sampai Pelabuhan Sunda Kelapa. Kita melewati ini ketika perpindahan antara ruang pamer alat transportasi (asli lupa urutannya, karena luas banget siiih area museum ini). Berikut beberapa fotonya.

gnsa43971

Area mancanegara pertama yang kita masuki adalah Gangster Town, kayaknya sih terinspirasi dari New York masa lampau gitu deh. Spot yang ikonik buat foto-foto tentunya di gerbang Gangster Town, tapi rameee banget, butuh kesabaran buat dapet angle bagus. Area ini juga bersambung dengan Broadway Theater.

qevq50661

xgix05501

Dalam miniatur Broadway Theater ini juga diputarkan film film jadul Hollywood lho.

fizb98231

Habis? Masih buanyaaaak zona zona lain. Biarkan gambar bercerita deh yaaa. Hehehe

Zona Italy

Zona Italy

egjb91581

Zona Paris

xnps11411

Zona Jerman

pkga61571

Zona Inggris. Eh, ada peron di Harry Potter jugaaak.

Kirain setelah zona negara-negara, bakalan kelar…secara kita udah capek juga. Hahaha. Tapi ternyata masih ada dooong yang lebih keren: Buckingham Palace. Heran, kayak gak ada abisnya nih museum. Dan kayaknya setiap sudut museum ini tertata dengan keren. Loooovveeee it!

img_30801

Buckingham Palace ini bukan cuma miniatur dari luar lho, di dalamnya juga masih ada koleksi yang juga lucu. Dari mulai miniatur bus tingkat London sampai Ratu Elizabeth!

Sungkem dulu sama camer

Sungkem sama calon mertua.

img_30821

 

Keluar dari Buckingham Palace, kita pun memasuki zona Las Vegas. Wah apalagi ini? Ternyata isinya miniatur ikon-ikon dunia.

vctw31201

Jalan dikit, ketemu Zona Hollywood. Asli kaki udah pegel-pegel. Untung zona Hollywood ini cuma ‘sekedar’ doang.

Waaaah Om Hulk gede aneeet ya. Si dedek sampe takjub.

Waaaah Om Hulk gede aneeet ya. Si dedek sampe takjub.

DCIM100MEDIA

img_25921

Salah satu kartun kesukaan gue nih: Scooby Doo

Last but not least, pintu keluar yang unik banget berupa gerbong kereta. Bukan sekadar miniatur, gerbong ini lantainya bergoyang goyang lho sehingga pas kita jalan kayak di dalam kereta beneran.

img_26091

Daaaaan…….finallyyyyyy….selesailah sudah kunjungan kita ke Museum Angkut. Gimana? Keren kan? Eh gak keren deng, keren bangeeet. Bagi kalian yang mau kesini, sebaiknya pas low season, karena pas high season museum ini rame buanget, jadi agak sesak gitu. Trus untuk yang bawa kamera, akan kena charge sebesar 30 ribu, dan masuk ke dalam pun air minum akan disita. Kalau haus/lapar, beli di kafe yang ada di dalam. Tenang, harganya nggak bikin kaget kok. Jadi siap-siap untuk mengeluarkan uang lebih ya, terutama kalau kalian tertarik untuk mencoba wahana berbayar di dalam. Tapi worth it banget kok, apalagi buat pecinta otomotif dan ngajak anak-anak jalan pas liburan sekolah. Gue sendiri pingin deh kesini lagi sama….suami dan anak-anak gue nantinya. Hehehe.

Bagi yang belum sempet liburan pas tahun baru kemarin, tenang, banyak long weekend di 2017 ini. Book lah salah satunya untuk ke Museum Angkut ! 🙂

Advertisements

2 thoughts on “The Amazing Museum Angkut dan Taman Bunga Selecta

  1. Emang deeh, ini salah satu museum di luar Jakarta yang kereen paraah. Dan gue dr kpn blm sempet main kesana. Hahaha keren mba, nice info bgt buat museum angkutnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s