Tips Agar Profile Upwork Diterima

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam posting sebelumnya di sini, bahwa untuk bergabung di Upwork maka profil teman-teman perlu diterima dulu. Profile approval adalah tiket pertama agar bisa apply job dan menghasilkan dollar di Upwork. Profil yang nggak diterima, sorry to say, ibarat gugur sebelum berperang. Profil saya sendiri sempat ditolak tiga kali sebelum akhirnya diterima.

Baca juga  Pengalaman Bekerja di Upwork dan Menghasilkan $10,000+ dalam Setahun

Sebenarnya, kenapa sih Upwork memberlakukan kebijakan demikian? Karena Upwork bukanlah sekedar situs pencari kerja seperti Jobstreet. Upwork adalah marketplace komplit yang menyediakan berbagai fitur untuk menunjang kerja freelancer, seperti: time tracker untuk memantau jam kerja, payment security, mediasi jika ada perselisihan dengan client, sampai yang terbaru ada fitur jualan project mirip seperti Fiverr. Oleh karena itu, Upwork menyaring hanya talent yang benar-benar berkualitas dan bisa efektif menjadi solusi untuk client yang menjadi sumber pendapatan Upwork. Bukan berarti saya bilang yang nggak diterima artinya tidak berkualitas ya, tetapi bisa jadi skill yang ditawarkan sudah terlalu banyak, sedangkan demand untuk keahlian tersebut tidak begitu bertambah. Daripada nantinya profil orang tersebut jadi nganggur dan menuh-menuhin server Upwork, lebih baik disaring sejak awal, kan’? Begitulah kira-kira.

Eits, jangan sedih dulu, kali ini saya mau sharing tips agar profil Upwork teman-teman bisa diterima. Tips ini saya kumpulkan dari pengalaman sesama member di grup FB Upworker Indonesia. Barangkali ada yang ampuh untuk dipraktekkan ya.

Tawarkan skill yang tidak biasa

Tips ini saya dapatkan dari grup FB Upworker Indonesia. Salah satu member ada yang bercerita bahwa ada temannya sekali daftar langsung diterima. Skill yang dipasang tergolong unik: terjemah Bahasa Belanda dan Germany ke Bahasa Indonesia and vice versa. Skill menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia bisa dibilang sudah buaanyak banget di Upwork. Nah, pairing bahasa yang jarang ada bisa jadi bikin Upwork meloloskan profil orang tersebut. Coba deh pikirin skill yang benar-benar unik, namun masih bisa menjual. Ssst, nggak apa-apa sih sebenarnya kalau skill kamu bukan itu, karena nantinya setelah profil diterima, kamu masih bisa edit profil lagi. Yang penting keterima saja dulu. Hehehe.

Be specific and think BIG

Tips ini mungkin kurang lebih mirip dengan tips pertama. Masih seputar perbaiki profil. Jika teman-teman gagal menemukan skill yang unik (atau sudah coba tips pertama dan masih gagal hehehe), coba buat profil yang biasa saja. Biasa di sini, maksudnya seperti biasa menggambarkan keahlian kalian sebenarnya…dengan satu catatan: be specific! Apakah kalian adalah illustrator? Jangan sekedar mencantumkan illustrator ke profil, tapi tambahkan dengan hal yang niche seperti: manga illustrator atau children book illustrator.

Ini true story teman saya nih (dulu pernah satu kantor) yang sekali daftar langsung diterima. Dia background-nya memang orang finance, nah di Upwork ia mencantumkan keahliannya adalah commercial accounting dan di profile summary ia menuliskan jasa dia khusus untuk accounting perusahaan. Kebetulan teman saya ini pengalaman kerjanya juga align, selalu jadi bagian Finance di perusahaan-perusahaan FMCG. Bisa jadi ya, profil-nya langsung diterima karena Upwork melihat dia sebagai orang yang beneran expert di bidangnya, dan karena spesialisasinya untuk perusahaan, maka mungkin saja Upwork melihat talent ini bisa ditawarkan atau diarahkan ke Upwork Enterprise Clients. Apa itu Enterprise Clients bisa dibaca disini ya.

Accounting itu kan’ luas banget, pencatatan keuangan online shop juga bisa dikategorikan accounting. Nah, menambahkan kata commercial cukup menjelaskan bahwa jasa akuntansi yang ditawarkan bukan untuk bisnis kecil-kecilan. Jadi, selain be specific, ada lagi yang bisa diterapkan nih: think BIG!

Balik lagi ke contoh awal yang sudah saya berikan, katakanlah kita adalah illustrator dengan segmen dunia anak-anak, maka jangan ragu untuk menulis bahwa kita bisa membuat ilustrasi untuk mendesain produk FMCG untuk bayi dan anak. Berlebihan nggak sih? Kembali ingat kata-kata saya di tips sebelumnya: yang penting diterima aja dulu, edit belakangan! Hehehe

Masih mentok? Mungkin saatnya mencoba…

Ternyata setelah memoles profil sedemikian rupa, Upwork masih tak kunjung membuka pintu hati untuk kita. Sabar…sabar…banyak jalan menuju Roma. Coba ya teman-teman klik link-link di bawah ini, siapa tahu beruntung.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s